5 Perangkat Lunak Pemulihan Hard Disk Eksternal Terbaik: Memulihkan Data dari Hard Disk Eksternal

Saat file Anda hilang atau terhapus di hard disk eksternal, Anda dapat segera memulihkannya dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan hard disk yang andal. Halaman ini mencakup 5 perangkat lunak pemulihan hard disk terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan file dan folder yang terhapus pada hard disk eksternal Anda dengan mudah.

Daftar isi

Updated by Imma on Mar 15,2021

external hard drive recovery

Quick Fix To Repair Memory Card Not Formatted with Diskpart:

  • Apa yang dimaksud dengan pemulihan hard disk eksternal?
  • Kapan Anda perlu melakukan pemulihan hard disk eksternal?
  • Apa perangkat lunak pemulihan terbaik untuk hard disk eksternal?
  • Bagaimana cara memulihkan data dari hard disk eksternal?
  • Bagaimana cara melindungi data pada hard disk eksternal?

Jika Anda mengalami salah satu masalah yang disebutkan dalam daftar di atas, teruslah membaca dan Anda akan mendapatkan jawaban yang memuaskan untuk mengatasi masalah Anda.

KONTEN HALAMAN:

Ringkasan Tentang Pemulihan Hard Disk Eksternal

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari: 1. Apa itu pemulihan hard disk eksternal? 2. Kapan Anda perlu melakukan pemulihan hard disk eksternal?

Tidak dapat disangkal bahwa hard disk eksternal memberi kita kenyamanan yang luar biasa. Hard disk membuat kita dapat membawa terabyte data ke mana pun kita pergi, dan file yang disimpan di perangkat dapat dengan mudah dibagikan di antara media penyimpanan. Namun, survei menunjukkan bahwa kehilangan data pada hard disk eksternal mengambil porsi terbesar. Dalam kasus ini, pemulihan hard disk eksternal adalah hal yang tidak dapat dihindari.

Apa itu pemulihan hard disk eksternal?

Pada dasarnya, pemulihan hard disk eksternal adalah proses untuk memulihkan data yang terhapus dan hilang dari hard disk eksternal, bahkan hard disk rusak atau hard disk yang tidak sengaja diformat. Namun, karena file yang hilang di hard disk eksternal tidak akan didaur ulang ke Recycle Bin, maka Anda perlu beralih ke perangkat lunak pemulihan data hard disk yang andal untuk disk eksternal.

Kapan Anda perlu melakukan pemulihan hard disk eksternal?

Selain penyebab umum, seperti penghapusan dan pemformatan yang tidak disengaja, yang menyebabkan hilangnya data pada hard disk eksternal, ada juga kasus lainnya yang membuat Anda perlu melakukan pemulihan hard disk eksternal. Sebagai contoh:

  • Data pada hard disk eksternal hilang karena serangan virus, OS crash, penginstalan ulang OS
  • Hard disk eksternal memiliki sistem file RAW sehingga tidak dapat diakses
  • Hard disk eksternal terdeteksi di Windows tetapi tidak menampilkan data apa pun
  • Hard disk USB tidak dikenali

PERHATIAN: Selama data tidak ditimpa oleh konten baru, pemulihan hard disk eksternal masih dimungkinkan. Jadi, segera hentikan penggunaan disk eksternal Anda setelah Anda kehilangan data dan lakukan pemulihan data sesegera mungkin.

Untungnya, Anda dapat melakukan pemulihan hard disk eksternal dengan perangkat lunak pemulihan data yang profesional dan andal. Di bagian selanjutnya, kami akan menyertakan 5 perangkat lunak pemulihan hard disk eksternal terbaik untuk membantu Anda.

5 Rekomendasi Perangkat Lunak Pemulihan Hard Disk Eksternal Terbaik (2021)

Pemulihan data hard disk eksternal akan sangat mudah dilakukan bila Anda tahu apa alat pemulihan data terbaik untuk digunakan. Berdasarkan pada ulasan pengguna, pengujian situs web geek, dan pengalaman pribadi, berikut kami telah mengumpulkan 5 perangkat lunak pemulihan data hard disk teratas agar Anda dapat memulihkan data dari hard disk eksternal dengan mudah.

5 Perangkat Lunak Pemulihan Hard Disk Eksternal Terbaik tahun 2021:

Baik menggunakan Windows 10/8 terbaru atau Windows XP yang lebih lama, Anda dapat mengunduh salah satu perangkat lunak yang disarankan di atas untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Perangkat lunak ini akan membantu Anda memulihkan data yang dihapus, diformat, atau hilang dari hard disk eksternal Anda atau memulihkan file dari drive yang tidak dapat diakses.

# 1. Perangkat Lunak Pemulihan Hard Disk Eksternal yang Dapat Dipercaya - EaseUS Data Recovery Wizard

Perangkat lunak pemulihan data - EaseUS Data Recovery Wizard dapat berfungsi sebagai perangkat lunak pemulihan hard disk eksternal yang akan membantu Anda memulihkan data dari disk eksternal. Perangkat lunak ini banyak digunakan untuk:

  • Memulihkan data yang terhapus, diformat, dan hilang dari hard disk eksternal
  • Memulihkan data dari hard disk eksternal setelah serangan Virus, OS crash, penginstalan ulang OS, sistem file menjadi RAW
  • Memulihkan semua jenis file yang ada seperti foto, video, file audio, email, dokumen, dll.
  • Mendukung berbagai merk hard disk eksternal seperti Buffalo, WD, Seagate, Toshiba, Samsung, Lacie, Silicon, ADATA, dan lainnya
  • Memperbaiki video seperti MP4, MOV, dan memperbaiki gambar seperti JPG, JPEG, GIF, dll.

Terbaik Untuk: Semua level pengguna Windows dan Mac

Kemudahan Penggunaan: Pilihan Terbaik bagi Pemula, desain UI yang intuitif, pemulihan 3 langkah

Selain hard disk eksternal, Anda juga dapat menerapkan perangkat lunak pemulihan data EaseUS untuk mengambil file dari hard disk komputer, USB flash disk, kartu memori, kamera digital, dan masih banyak lagi.

Jika Anda kehilangan data hard disk eksternal pada komputer Mac, Anda juga dapat mengunduh versi Mac dari perangkat lunak ini untuk mendapatkan bantuan.

Bagaimana Cara Menjalankan Pemulihan Hard Disk Eksternal

Setelah mengunduh dan menginstal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda, sekarang Anda hanya perlu beberapa langkah lagi untuk memulihkan data Anda dari hard disk eksternal. Ikuti tutorial video berikut ini untuk menyelesaikan pemulihan data hard disk eksternal.

Langkah 1. Gunakan perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS

Jalankan EaseUS Data Recovery Wizard dan pilih drive di hard disk tempat Anda kehilangan atau menghapus file. Klik Pindai untuk mulai memindai semua data dan file yang hilang.

recover lost data 1

Langkah 2. Pindai untuk menemukan semua data hard drive yang hilang

Perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS akan memindai seluruh drive yang dipilih dan menemukan semua file yang hilang, termasuk semua data yang ada dan yang tersembunyi.

recover lost data 2

Langkah 3. Pratinjau dan pulihkan data dan file hard drive yang hilang

Setelah pratinjau, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan klik Pulihkan untuk menyimpannya ke lokasi yang aman di PC Anda atau di perangkat penyimpanan eksternal lainnya. 

recover lost data 3

# 2. Ontrack EasyRecovery

Ontrack awalnya adalah penyedia layanan pemulihan data, terutama menawarkan layanan perbaikan hard disk dan pemulihan data untuk pengguna di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, Ontrack merilis perangkat lunak pemulihan datanya bagi pengguna untuk melakukan pemulihan data DIY di rumah.

ontrack easyrecovery

Mirip dengan EaseUS Data Recovery Wizard, Ontrack EasyRecovery juga dapat memulihkan file yang hilang di komputer Windows dan Mac. Berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan dengan perangkat lunak pemulihan hard disk ini:

  • Memulihkan file dari drive yang rusak, terhapus, atau diformat
  • Memulihkan data dari hard disk internal dan eksternal, SSD, USB, kartu memori, dll.
  • Memperbaiki foto dan video yang korup dan rusak (Premium dan versi yang lebih tinggi)

Terbaik untuk: Pengguna Windows dan Mac

Kemudahan Penggunaan: pemulihan 3 langkah

# 3. Recover My Files

Bagi Anda para pengguna yang sudah berpengalaman mungkin pernah mendengar tentang Recovery My Files yang merupakan perangkat lunak pemulihan data klasik. Software ini adalah perangkat lunak pemulihan data kuno yang diproduksi oleh GetData.

recover my files

Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat memulihkan data dan file dari kasus dan perangkat berikut:

  • Memulihkan dari hard disk, hard disk eksternal, kartu kamera, USB, Zip, dan lain-lain.
  • Memulihkan file setelah recycle bin dikosongkan
  • Memulihkan file setelah pemformatan, kerusakan disk, kesalahan partisi, dan lain-lain. 
  • Memulihkan dokumen, foto, video, musik, dan lain-lain.

Terbaik Untuk: Hanya bagi pengguna Windows

Kemudahan Penggunaan: Bukan untuk pemula, antarmuka yang rumit

# 4. GetDataBack

Sama seperti Recover My Files, GetDataBack juga merupakan perangkat lunak pemulihan data klasik yang mendukung pengguna untuk melakukan pemulihan data DIY sendiri. Diproduksi oleh perangkat lunak runtime, GetDataBack memiliki versi berbeda berdasarkan 64bit dan 32bit OS Windows.

getdataback

Jadi apa yang dapat dilakukan perangkat lunak pemulihan hard disk ini untuk Anda? Berikut selengkapnya:

  • Mendukung pemulihan data pada perangkat NTFS, FAT, exFAT, EXT, HFS +, dan APFS
  • Memulihkan data yang hilang karena pemformatan, partisi, serangan virus, kegagalan daya atau kegagalan perangkat lunak

Terbaik untuk: Pengguna Windows, Mac, dan Linux

Kemudahan Penggunaan: 4+ langkah pemulihan data, Bukan untuk pemula

# 5. Recuva

Meskipun Piriform Recuva sudah tua dalam pemulihan data, namun Piriform Recuva masih merupakan perangkat lunak pemulihan data yang kuat di antara banyak alat pemulihan disk. Perangkat lunak ini masih memiliki banyak penggemar karena kinerjanya yang luar biasa dalam pemulihan file.

best data recovery software top 2

Dengan harga yang murah, Recuva mampu melebihi para pesaingnya meskipun dengan antarmukanya yang sudah tua dan agak rumit untuk pemula. Mari kita lihat apa yang dapat Anda lakukan dengan perangkat lunak pemulihan hard disk eksternal ini:

  • Memulihkan file dari komputer, recycle bin, kartu kamera digital, MP3 palyer, dan lain-lain.
  • Memulihkan gambar, musik, dokumen, video, dan lain-lain.
  • Memulihkan dari perangkat penyimpanan eksternal seperti hard disk eksternal, USB flash disk, dan lain-lain.
  • Menghapus file dengan aman

Terbaik untuk: Hanya pengguna Windows

Kemudahan Penggunaan: Bukan untuk pemula

Setelah mengetahui beberapa fitur dasar dari 5 perangkat lunak pemulihan hard disk eksternal teratas, sekarang Anda dapat memilih salah satu dan menerapkannya untuk mengembalikan file Anda yang hilang dari hard disk eksternal, USB flash disk, atau kartu SD.

Selain merekomendasikan perangkat lunak pemulihan hard disk terbaik, kami juga telah merangkum beberapa tips penting guna melindungi data di hard disk eksternal Anda. Semoga dapat membantu Anda dalam mengelola dan menjaga data Anda.

Cara Melindungi Data di Hard Disk Eksternal

Melindungi data tetap menjadi pilihan yang lebih baik daripada memulihkannya. Untuk mengurangi risiko kehilangan file sepenuhnya dari perangkat penyimpanan apa pun, Anda harus melakukan dua hal; yaitu meminimalkan kemungkinan kehilangan data dan menggunakan alat pemulihan data untuk menyelamatkan data setelah hilang tanpa memiliki cadangan. Umumnya, ada dua cara untuk melindungi data di hard disk eksternal Anda: yaitu membiasakan menggunakan hard disk dengan benar, dan membuat cadangan hard disk eksternal Anda secara teratur.

Kebiasaan baik untuk melindungi hard disk eksternal:

  1. 1. Jauhkan hard disk eksternal Anda dari api, air, suhu tinggi ...
  2. 2. Lepaskan hard disk eksternal dari komputer Anda jika tidak digunakan
  3. 3. Jangan mengedit file secara langsung di hard disk eksternal
  4. 4. Keluarkan perangkat dengan cara "eject" sebelum melepaskannya
  5. 5. Masukkan hard disk eksternal Anda ke dalam tempat disk

Cara untuk mencadangkan hard disk eksternal:

  • 1. Salin dan tempel file penting secara manual dari hard disk eksternal Anda ke tempat lain
  • 2. Cadangkan file hard disk eksternal Anda secara teratur dan otomatis menggunakan perangkat lunak untuk backup
  • 3. Sinkronkan data di hard disk eksternal Anda ke penyimpanan cloud

Menumbuhkan kebiasaan baik sangat membantu untuk meminimalkan kemungkinan kehilangan data yang tidak disengaja pada drive Anda. Sementara mencadangkan disk akan sangat membantu untuk menghindari kehilangan data sepenuhnya begitu Anda kehilangan file di media penyimpanan.

Kesimpulan

Pemulihan data hard disk eksternal akan lebih mudah dilakukan jika Anda mendapatkan bantuan dari perangkat lunak pemulihan data. Hampir semua alat pemulihan data yang tersedia mendukung pemulihan hard disk eksternal, hanya saja kualitasnya berbeda-beda. Pilih salah satu yang Anda percaya dan segera terapkan untuk memulihkan data dari hard disk eksternal Anda secepat mungkin.

Di antara kebanyakan perangkat lunak pemulihan data, perangkat lunak pemulihan hard disk EaseUS lebih praktis dan andal karena kapasitas pemulihan datanya yang kuat dan dukungan teknis yang sangat baik. Siapa pun yang mengalami masalah saat menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard dapat menghubungi kami untuk dukungan online dengan mengirim email ke support@easeus.com.

Selain pemulihan data, sebagai penyedia perangkat lunak pemulihan data yang bertanggung jawab, kami juga menyarankan Anda untuk mencadangkan data penting Anda secara teratur. Tidak ada solusi yang lebih baik daripada melakukan pencadangan file dan data Anda secara teratur.