Memulihkan Data dengan Perangkat Lunak Pemulihan RAID

Tutorial praktis tentang cara memulihkan data dari RAID dengan perangkat lunak pemulihan RAID EaseUS mulai dari RAID0, RAID1, RAID5, dan RAID10 secara efektif. Mendukung semua versi Windows seperti Windows 10/8/7 / XP / Vista dan Windows 2000/2003/2008.

Daftar isi

Updated by Daisy on Jul 23,2021

Apa itu Pemulihan RAID?

RAID yang rusak atau korup dapat disebabkan oleh human error, kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak, infeksi malware, kesalahan mekanis, pemadaman listrik, bad sector, atau penghentian sistem secara tiba-tiba, dan lain sebagainya. Hal-hal yang disebutkan diatas, selain menjadi penyebab rusaknya RAID, juga menjadi penyebab rusaknya hard disk biasa secara umum, sehingga membutuhkan pemulihan. Namun, dibandingkan dengan cara memulihkan hard disk biasa, ada perbedaan ketika Anda ingin memulihkan RAID yang rusak.

Saat RAID rusak, volume RAID menjadi tidak dapat diakses, dan datanya hilang. Anda pun tidak dapat mengakses atau memulihkan data dari hard disk RAID secara langsung. Anda perlu merekonstruksi atau membangun kembali konfigurasi RAID untuk mendapatkan kembali data yang hilang, dan bagian inilah yang paling sulit menurut banyak pengguna. Untungnya, ada banyak perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga yang dapat membantu Anda menyederhanakan proses ini. Teruskan membaca dan periksa detailnya secara lengkap.

Perangkat Lunak Pemulihan RAID Terbaik - EaseUS Data Recovery Wizard

Untuk memulihkan data dari drive RAID, Anda perlu memilih perangkat lunak pemulihan RAID profesional untuk membantu! EaseUS Data Recovery Wizard memberi Anda solusi pemulihan data RAID lengkap pada Windows. Baik itu RAID 0, RAID 1, RAID 5, atau RAID 10, selama sistem komputer Anda dapat mengenalinya, perangkat lunak pemulihan RAID EaseUS akan membantu Anda memulihkan data dari hard disk RAID.

Rekomendasi
Memulihkan data dari berbagai tingkatan/level RAID
Memulihkan file dari drive RAID yang gagal
Memulihkan volume logis RAID yang hilang atau diformat

Cara Memulihkan Data dari Hard Disk Raid

Jangan ragu untuk melengkapi komputer Anda dengan alat yang pemulihan data yang kuat. Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat memperoleh kembali file dari hard disk RAID dengan proses 3 langkah:

Pindai disk> Pratinjau dan pilih file yang diinginkan> Pulihkan data.

Sekarang ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulihkan data RAID dengan bantuan EaseUS Data Recovery Wizard:

Langkah 1. Gunakan perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS

Jalankan EaseUS Data Recovery Wizard dan pilih drive di hard disk tempat Anda kehilangan atau menghapus file. Klik Pindai untuk mulai memindai semua data dan file yang hilang.

recover lost data 1

Langkah 2. Pindai untuk menemukan semua data hard drive yang hilang

Perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS akan memindai seluruh drive yang dipilih dan menemukan semua file yang hilang, termasuk semua data yang ada dan yang tersembunyi.

recover lost data 2

Langkah 3. Pratinjau dan pulihkan data dan file hard drive yang hilang

Setelah pratinjau, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan klik Pulihkan untuk menyimpannya ke lokasi yang aman di PC Anda atau di perangkat penyimpanan eksternal lainnya. 

recover lost data 3

Juga, tonton tutorial video ini untuk mempelajari cara memulihkan data RAID dengan EaseUS Data Recovery Wizard.

Selain pemulihan data RAID, perangkat lunak pemulihan data EaseUS juga memungkinkan Anda untuk:

  • Memulihkan file dari hard disk lokal, hard disk eksternal, kartu SD, flashdisk USB, dan perangkat penyimpanan konvensional lainnya
  • Memulihkan file yang dihapus secara permanen, atau akibat kerusakan sistem, penginstalan ulang OS, dan situasi kehilangan data yang rumit lainnya
  • Mengembalikan foto, video, file audio, file Microsoft Office, file Adobe, dan lebih dari 200 jenis file lainnya
Apakah Anda Membutuhkan Layanan Pemulihan Data Khusus?
Anda mungkin memerlukan bantuan lebih lanjut untuk situasi kehilangan data yang sulit seperti memformat ulang drive, disk RAW, kehilangan partisi, kegagalan partisi ulang, dan kesalahan boot sistem. Konsultasikan dengan Pakar Pemulihan Data EaseUS untuk layanan pemulihan manual one-on-one yang hemat biaya. EaseUS menawarkan layanan berikut setelah diagnosis GRATIS:
1. Membatalkan format drive
2. Memperbaiki RAID, disk RAW, atau sistem operasi
3. Memulihkan partisi yang hilang (yang tidak dapat dipulihkan oleh perangkat lunak)

Pengetahuan Umum Tentang RAID

Sebelum memperkenalkan perangkat lunak pemulihan data RAID profesional, mari pelajari beberapa pengetahuan dasar tentang RAID.

Definisi RAID

RAID, Redundant Array of Inexpensive Disk atau Redundant Array of Independent Disk, adalah teknologi virtualisasi penyimpanan data yang menyediakan cara untuk menyimpan data yang sama di tempat berbeda pada beberapa hard disk fisik dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja sistem Anda atau memberikan toleransi kesalahan.

Perbedaan Level RAID

Data dialokasikan pada hard disk RAID dengan berbagai cara, yang disebut sebagai level RAID, diantaranya yaitu RAID 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 10. Berikut penjelasan tentang level RAID secara umum:

Level Definisi
RAID 0 (Striped Disk Array tanpa Fault Tolerance) RAID 0 menyediakan data striping (menyebarkan blok dari setiap file ke beberapa disk drive) tetapi tidak ada redundansi. Ini meningkatkan kinerja tetapi tidak memberikan toleransi kesalahan. Jika satu drive gagal maka semua data dalam array hilang.
RAID 1 (Mirroring Volume) RAID 1 menyediakan pencerminan disk. Level 1 menyediakan dua kali tingkat transaksi baca dari satu disk dan tingkat transaksi tulis yang sama dengan satu disk.
RAID 5 (Block Interleaved Distributed Parity) RAID 5 menyediakan jalur data pada tingkat byte dan juga informasi koreksi kesalahan garis. Ini menghasilkan kinerja yang sangat baik dan toleransi kesalahan yang baik. Level 5 adalah salah satu implementasi RAID yang paling populer. Mengingat popularitasnya, penting untuk mengetahui cara mencadangkan drive RAID untuk menghindari kehilangan data sepenuhnya.
RAID 6 (Independent data disks with double parity) RAID 6 membutuhkan minimal empat disk. Ini menggunakan dua garis paritas pada setiap disk dan memungkinkan dua kegagalan disk dalam set RAID. Paritas ganda membuatnya memberikan toleransi kesalahan yang tinggi dan lebih mahal karena dua disk tambahan diperlukan untuk paritas.
RAID 10 (A Mirror of Stripes) RAID 10, juga disebut RAID 1 + 0, bukan merupakan salah satu dari level RAID asli, dua garis RAID 0 dibuat, dan cermin RAID 1 dibuat di atasnya. Digunakan untuk mereplikasi dan berbagi data antar disk.

Kelebihan RAID

Umumnya, RAID menggunakan beberapa disk yang bekerja bersama untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan untuk pengguna komputer, terutama pengguna server. Selain itu RAID juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Keamanan data yang lebih tinggi
  • Toleransi kesalahan yang lebih tinggi
  • Peningkatan pemeriksaan paritas dan secara teratur memeriksa kemungkinan kerusakan sistem
  • Proses membaca dan menulis secara bersamaan

Namun, meskipun RAID memberikan keamanan data yang lebih tinggi, kehilangan data pada hard disk RAID masih dapat terjadi. Anda mungkin dapat mengalami kehilangan data pada disk atau drive RAID karena kerusakan sistem, serangan virus, kegagalan / lonjakan daya, atau kesalahan tak terduga lainnya. Anda mungkin berpikir bahwa pemulihan data RAID sangat rumit. Selama Anda menggunakan perangkat lunak pemulihan RAID yang tepat, Anda dapat memulihkan data dari hard disk RAID dengan mudah, aman, dan efektif.