Perangkat Lunak Pemulihan Data Kartu Micro SD Online Gratis

Sedang mencari pemulihan data online dari kartu SD? Di sini, Anda dapat mengunduh alat pemulihan kartu micro SD EaseUS secara gratis dan mempelajari cara menggunakannya untuk memulihkan gambar, video, atau data lain yang terhapus atau hilang.

Daftar isi

Updated by Gemma on Jul 29,2021

Apakah Anda sedang mencari pemulihan data kartu SD online? Di sini, Anda dapat mengunduh perangkat lunak pemulihan kartu micro SD EaseUS secara gratis, dan mempelajari cara menggunakannya untuk memulihkan gambar, video, atau data lain yang terhapus atau hilang.

Apakah Pemulihan Data Kartu SD Online Dapat Diandalkan?

Sebenarnya, tidak ada alat pemulihan data online yang benar-benar nyata, begitu juga dengan pemulihan data kartu SD online. Namun, pemulihan data kartu SD pasti bekerja dengan baik. Kartu Micro SD menjadi semakin populer seiring dengan lonjakan penggunaan perangkat seluler dan kamera digital. Dan pada saat yang sama, masalah kehilangan data yang tidak terduga pada kartu SD yang disebabkan oleh berbagai alasan juga semakin sering terjadi. Hal ini tentunya menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi banyak pengguna.

Jika Anda tidak sengaja menghapus file atau kehilangan data di kartu SD Anda akibat kesalahan format atau malfungsi lainnya, bisakah Anda mendapatkan kembali file yang hilang tersebut secara efektif? Jangan khawatir! Memulihkan data dari kartu SD masih sangat memungkinkan untuk dilakukan. Selanjutnya, kami akan menunjukkan kepada Anda perangkat lunak pemulihan data kartu SD yang andal dan memberi tahu Anda cara memulihkan file yang hilang atau terhapus menggunakan program tersebut secara detail langkah demi langkah.

Untuk akses cepat ke pemulihan kartu SD, tonton video berikut ini:

Perangkat Lunak Pemulihan Kartu SD Terbaik

Untuk memulihkan file data dari kartu memori SD, EaseUS Data Recovery Wizard adalah yang paling kami rekomendasikan. Ini adalah alat pemulihan data yang andal, yang dapat memulihkan file data apa pun dari kartu Micro SD dengan cepat dan mudah. Perangkat lunak ini secara efektif dapat memulihkan foto dan file video yang hilang, terhapus, rusak atau diformat dari berbagai kartu memori. Jangan khawatir jika Anda mengalami kasus kehilangan data kartu SD, karena perangkat lunak pemulihan data EaseUS selalu dapat membantu Anda. Mengapa EaseUS Data Recovery Wizard lebih unggul di antara program pemulihan data lainnya yang tak terhitung jumlahnya? Para ahli dari LifeWire telah membandingkan 20 alat pemulihan data yang populer, dan kami telah membandingkan lima di antaranya. Detailnya sebagaimana dijelaskan dalam tabel berikut ini:

Perbandingan EaseUS Data Recovery Wizard Puran File Disk Drill Recuva Glary Undelete
Batasan penggunaan 2GB Gratis untuk pemakaian versi home 500MB Gratis Gratis
Pembaharuan Terakhir 14 Nov 2019 Jun 2016 23 Okt 2019 8 Juni 2016 10 Okt 2016
Quick Scan (Pindai Cepat) ×
Deep Scan (Opsional) ×
Pratinjau file ×
Fitur Filter / pencarian file × × ×
Pemulihan partisi yang hilang × × ×
Sistem file yang didukung FAT12/16/32, exFAT, NTFS,ext2/3, HFS+, ReFS FAT12/16/32, NTFS FAT, exFAT, NTFS, HFS+, ext2/3/4  NTFS, FAT, exFAT FAT, NTFS, NTFS + EFS

Cara Memulihkan Data Kartu SD

Berdasarkan tabel di atas, perangkat lunak pemulihan file EaseUS adalah pilihan terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Perangkat lunak ini mampu menemukan dan memulihkan gambar yang dihapus, diformat atau hilang. Antarmukanya yang bergaya wizard akan membantu Anda menyelesaikan pemulihan dengan mudah hanya dalam tiga langkah sederhana. Sekarang, saatnya Anda mengikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini untuk mulai memulihkan data Anda. Alat pemulihan ini mendukung semua merek kartu SD seperti SanDisk, Kingston, PNY, Lexar, Transcend, PQI, dan lain sebagainya. Selain itu, perangkat lunak ini juga terbilang sangat kecil dan saat ini sudah tersedia secara online, sehingga Anda dapat mengunduhnya hanya dalam beberapa menit. Setelah berhasil mengunduhnya, Anda dapat mengikuti instruksi yang diberikan untuk menginstalnya di komputer Anda dengan mudah.

Langkah 1: Hubungkan kartu Anda ke PC

Masukkan kartu ke card reader, dan hubungkan card reader yang berisi kartu tersebut ke komputer yang sehat dan tidak terinfeksi virus.

recover card 1

Langkah 2: Jalankan perangkat lunak pemulihan data EaseUS dan pindai kartunya.

Buka EaseUS Data Recovery Wizard di PC Anda dan pilih kartu Anda di bawah kolom Perangkat Eksternal. Kemudian klik Pindai untuk mulai menemukan data yang hilang pada kartu SD Anda sekarang.

recover card 2

Langkah 3: Periksa dan pulihkan data yang hilang.

Anda dapat memeriksa dan melihat pratinjau file yang ditemukan dengan mengklik dua kali masing-masing file. Kemudian klik Pulihkan untuk menyimpan file ke lokasi yang aman di PC Anda atau di penyimpanan eksternal. 

recover card 3

Apakah Kartu SD yang Rusak Dapat Dipulihkan?

Secara teori, kartu SD yang rusak masih dapat dipulihkan. Selama kartu Anda tidak rusak secara fisik, Anda dapat memulihkan data dari kartu SD tersebut. Jika kartu SD Anda rusak, Anda bisa memperbaiki kartu SD yang rusak dan kemudian, memulihkan data yang ada di dalamnya. Masukkan kartu ke komputer Anda, atau cobalah gunakan pembaca kartu SD atau komputer lain untuk memeriksa apakah kartu SD dapat muncul melalui pembaca kartu atau di PC yang lain. Jika tidak muncul, Anda bisa mengacu ke pembahasan tentang kartu SD tidak muncul untuk bantuan lebih lanjut. Namun jika kartu SD muncul, berarti Anda memiliki kartu SD yang korup. Cobalah metode berikut untuk memperbaiki masalah ini tanpa kehilangan data.

1 - Ubah huruf drive kartu SD

Langkah 1. Masukkan kartu SD ke komputer Anda, lalu buka Manajemen Disk.

Langkah 2. Klik kanan pada kartu SD dan pilih "Change drive letter and path...".

Langkah 3. Tetapkan huruf drive baru untuk kartu tersebut.

2 - Periksa dan perbaiki kesalahan sistem file pada kartu SD

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan teknis dan ingin meminimalkan risiko data, menggunakan perangkat lunak pihak ketiga bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Baris Perintah lebih disarankan untuk para profesional komputer mengingat memasukkan perintah yang salah dapat menyebabkan masalah yang lebih parah. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan Anda untuk mencoba alternatif baris perintah otomatis.

EaseUS Tools M adalah alat perbaikan komputer praktis yang aman dan ringan. Ini adalah alternatif yang sempurna untuk perintah CHKDSK. Gunakan EaseUS CleanGenius untuk menyelesaikan masalah komputer Anda.

Untuk memperbaiki kesalahan sistem file atau kesalahan disk:

Langkah 1: Download EaseUS CleanGenius secara gratis dan instal.

Langkah 2: Buka perangkat lunak tersebut dan pilih opsi "File showing".

Langkah 3: Pilih drive dan tunggu perbaikan. Setelah operasi selesai, klik tombol "View" untuk memeriksa drive.

select the drive and check off file system error

3 - Perbarui driver kartu SD

Langkah 1. Hubungkan kartu SD yang rusak ke PC, dan klik kanan pada This PC / My Computer, lalu pilih "Manage".

Langkah 2. Klik "Device Manager" dan pilih "Disk drivers".

Langkah 3. Klik kanan pada kartu SD, dan pilih "Update driver".

update sd card drive letter

Kemudian, Anda dapat mencoba memulihkan data dari kartu SD Anda yang rusak dengan bantuan perangkat lunak pemulihan data EaseUS. (Kembali ke Bagian 1.)

Cara Mencegah Kehilangan Data Kartu SD

Kehilangan data dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu melindungi data. Berikut ini adalah beberapa tips berguna yang bisa Anda terapkan untuk melindungi data berharga Anda:

1. Cadangkan foto, file, atau data lainnya. Simpan data-data tersebut ke hard disk eksternal, drive cloud, atau komputer Anda. Jika diperlukan, buat cadangan terjadwal untuk mencadangkan file kartu SD secara otomatis.

2. Selalu simpan program anti-virus yang profesional dan andal di komputer Anda. Anti virus akan membantu Anda menyingkirkan hampir semua file berbahaya yang dapat merusak data penting Anda.

3. Jika daya baterai perangkat tidak mencukupi, jangan tulis data apa pun ke kartu SD (mengambil gambar baru, atau merekam video) untuk mencegah kehilangan data.

4. Jangan lepaskan kartu SD atau mematikan sistem saat operasi baca / tulis sedang berlangsung. Jika tidak, hal tersebut dapat beresiko menyebabkan kerusakan pada kartu.

5. Hindari menggunakan atau menempatkan kartu memori di lingkungan bersuhu tinggi dan lembab.