Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari Kartu SD Secara Efektif

Jika Anda kebetulan menghapus foto penting dari kartu SD di kamera atau ponsel Android, jangan khawatir. Di artikel ini, Anda dapat mempelajari tiga cara efektif untuk memulihkan foto yang dihapus dari kartu SD dengan atau tanpa komputer.

Daftar isi

Updated by Imma on Mar 04,2021

Mengapa Foto di Kartu SD Hilang?

Meskipun kartu SD memberikan kemudahan, akan tetapi berbanding lurus dengan resiko masalah kehilangan data yang mudah juga terjadi. Kehilangan foto dari kartu SD adalah salah satu masalah utama untuk sebagian besar ponsel Android dan pengguna kamera. Biasanya, Anda mengalami kehilangan gambar dalam beberapa kasus berikut.

  • Menghapus foto secara tidak sengaja
  • Kartu SD korup atau rusak
  • Format kartu SD
  • Infeksi virus, mati listrik, dan lain-lain

Tidak peduli bagaimana Anda bisa kehilangan foto, namun begitu Anda menyadari data Anda hilang, segera hentikan penggunaan kartu SD. Artinya, jangan mengambil gambar lagi di kartu dan segera keluarkan dari kamera atau smartphone android. Kemudian, terapkan alat pemulihan foto profesional untuk memulihkan file.

Mengapa Foto yang Dihapus Dapat Dipulihkan? 

Setiap kali Anda menghapus file dari kartu SD, Anda tidak menghapusnya secara permanen. Meskipun ruang kosong tersedia, file yang dihapus tetap ada selama tidak ada data baru yang disimpan.

Setelah penghapusan, Anda sebaiknya berhenti menggunakan kartu memori, dan kemudian menerapkan perangkat lunak pemulihan foto kartu SD untuk memindai dan memulihkan foto yang hilang. Tidak seperti penyimpanan internal, Kartu SD dapat dikeluarkan dan dihubungkan ke komputer, yang membuat pemulihan lebih mudah.

Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari Kartu SD

Setelah membaca pendahuluan sebelumnya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara lain untuk memulihkan foto yang dihapus dari kartu SD tanpa perangkat lunak. Sayangnya, Anda tidak dapat melakukannya kecuali Anda telah membuat backup sebelumnya. Jadi, jika Anda tidak memiliki salinan dan ingin mengembalikan foto yang hilang, ikuti tutorial di bawah ini untuk menyelesaikan masalah. Semakin cepat Anda melakukan pemulihan data, semakin besar peluang pemulihannya. Berikut cara memulainya.

Yang Diperlukan untuk Mengembalikan File yang Dihapus

  • Komputer / laptop untuk menginstal perangkat lunak pemulihan data
  • Card reader untuk menghubungkan kartu SD ke komputer
  • Kartu SD tempat dimana foto hilang
  • EaseUS Data Recovery Wizard - salah satu alat pemulihan data terbaik

3 Langkah untuk Memulihkan Foto yang Dihapus dari Kartu SD

EaseUS Data Recovery Wizard, perangkat lunak pemulihan kartu yang andal, dapat dengan mudah dan cepat memulihkan foto, video, dan file lain yang terhapus dari kartu mikro, kartu CF / SD. Setiap kali Anda kehilangan foto atau menghapus data penting dari kartu SD di kamera atau ponsel Android Anda, jangan khawatir dan biarkan software ini membantu Anda. Perangkat lunak ini memiliki beberapa fitur utama sebagai berikut.

  • Memulihkan data yang diformat atau file yang dihapus dari berbagai situasi kehilangan data yang berbeda.
  • Memulihkan data yang hilang dari PC, laptop, perangkat digital, hard disk (HDD, SSD, USB, dll.), media penyimpanan, server, RAID, dll.
  • Memulihkan semua data dan jenis file seperti dokumen kantor, foto, video, audio, dan email, dan masih banyak lagi.

Kami memberi Anda panduan berupa video dan teks. Ikuti dan pulihkan foto yang dihapus dari kartu SD dengan mudah.

Langkah 1: Hubungkan kartu Anda ke PC

Masukkan kartu ke card reader, dan hubungkan card reader yang berisi kartu tersebut ke komputer yang sehat dan tidak terinfeksi virus.

recover card 1

Langkah 2: Jalankan perangkat lunak pemulihan data EaseUS dan pindai kartunya.

Buka EaseUS Data Recovery Wizard di PC Anda dan pilih kartu Anda di bawah kolom Perangkat Eksternal. Kemudian klik Pindai untuk mulai menemukan data yang hilang pada kartu SD Anda sekarang.

recover card 2

Langkah 3: Periksa dan pulihkan data yang hilang.

Anda dapat memeriksa dan melihat pratinjau file yang ditemukan dengan mengklik dua kali masing-masing file. Kemudian klik Pulihkan untuk menyimpan file ke lokasi yang aman di PC Anda atau di penyimpanan eksternal. 

recover card 3

Cukup mudah untuk memulihkan foto yang dihapus dari kartu memori dengan program pemulihan data ini. Tidak hanya membantu Anda memulihkan data, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memperbaiki file JPEG / JPG, yang telah rusak oleh pemformatan atau penghapusan. Hal ini adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh produk pesaing lainnya. Terlebih lagi, Anda dapat menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk memulihkan foto yang dihapus dari kartu SD secara gratis dengan versi gratisnya. Segera gunakan; software ini layak untuk dicoba.

Panduan Tambahan: Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari Memori Internal di Ponsel Android

Saat ini, kebanyakan ponsel Android modern memiliki kartu memori internal. Saat Anda mengalami kehilangan data, Anda tidak dapat mengeluarkan kartu SD untuk memulihkan file. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan program hebat lainnya - EaseUS MobiSaver Untuk Android untuk memulihkan file yang terhapus dari ponsel Android.

Cara Memulihkan Foto yang Dihapus dari Kartu SD Tanpa Komputer

Jika Anda kehilangan gambar dari ponsel Android, dan Anda tidak ingin menggunakan PC, Anda masih dapat memulihkan foto yang dihapus dari kartu SD dengan bantuan EaseUS.

Tidak dapat disangkal bahwa smartphone memegang peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita biasanya menggunakan smartphone untuk berkomunikasi, bermain game, menjelajah jejaring sosial, dan mengambil foto. Oleh karena itu, banyak data pribadi dan berharga yang tersimpan di ponsel atau kartu SD seperti kontak, gambar, musik, catatan, dan sebagainya. Jika Anda tidak sengaja menghapus item. Jangan panik! Pulihkan data Anda dengan versi seluler EaseUS MobiSaver untuk Android. Aplikasi ini dapat mengembalikan foto, video, kontak, log panggilan, SMS, dan pesan WhatsApp yang dihapus dari perangkat Android.

Langkah 1. Jalankan aplikasi di ponsel Anda dan pilih "kartu SD". Mulailah memindai foto dan video yang hilang dengan mengetuk tombol "START SCAN". Foto dan video yang dihapus akan muncul di layar.

Langkah 2. Klik pada bagian pengaturan. Anda dapat mengatur preferensi agar perangkat lunak dapat memindai dan menampilkan beberapa ukuran file tertentu, format file, dan lain-lain.

Langkah 3. Setelah proses scanning, pilih file yang ditampilkan dan tekan "Recover". Lalu, ketuk ikon mata. Semua foto dan video yang dipulihkan disimpan di sana.

mobisaver for abdroid user guide

Kesimpulan

Di halaman ini, kami membahas tiga cara yang berguna untuk memulihkan foto yang hilang untuk Anda. Anda dapat menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk memulihkan gambar yang dihapus dari kartu SD untuk kamera atau ponsel Android. Namun, jika Anda ingin memulihkan gambar dari kartu SD tanpa komputer, gunakan versi seluler EaseUS MobiSaver Untuk Android. Sedangkan untuk mendapatkan kembali foto yang terhapus dari memori internal ponsel Android, Anda harus memilih EaseUS MobiSaver For Android versi PC.