Cara Memformat Kartu SD Tanpa Kehilangan Data

Kartu SD menjadi raw dan tidak dapat diakses? Pulihkan atau ekspor semua file Anda dengan perangkat lunak pemulihan file EaseUS, yang memungkinkan Anda untuk memformat kartu SD tanpa kehilangan data.

Daftar isi

Updated by Roxanne on Jul 29,2021

Kartu SD Menjadi RAW dan Windows Meminta untuk Memformatnya

Kartu SD saya menunjukkan bahwa ada sistem file RAW di kamera saya. Ketika saya memasukkannya ke laptop, kemudian muncul pesan kesalahan yang mengatakan "Kartu micro sd tidak diformat, apakah Anda ingin memformatnya sekarang?" Tapi masalahnya saya tidak ingin kehilangan foto saya di kartu SD. Bagaimana cara mengonversi RAW ke NTFS atau FAT 32 tanpa kehilangan file di kartu SD?

Berikut adalah tutorial video tentang cara mengonversi sistem file RAW ke NTFS, dan cara memulihkan data dari sistem RAW. Tonton panduannya dan segera perbaiki kartu SD RAW Anda.

Kartu SD adalah perangkat penyimpanan populer yang biasa digunakan di kamera digital, ponsel, dan camcorder. Terkadang, kartu SD bisa menjadi RAW dan tidak dapat diakses karena alasan tertentu, diantaranya:

  • human error
  • kesalahan sistem
  • alasan yang tak terduga

Ketika Anda dihadapkan pada masalah ini, Windows sering meminta Anda untuk memformat perangkat. Tetapi operasi pemformatan ini juga beresiko menyebabkan kehilangan data. Bagaimana cara untuk memformat drive RAW, namun tetap bisa menyimpan data Anda dengan aman? Solusinya adalah dengan memulihkan data dari kartu SD RAW, baru kemudian memformat kartu SD.

Bagian 1. Memulihkan Data dari kartu SD RAW / Tidak Dapat Diakses

Hard disk yang belum diformat oleh sistem file NT, seperti FAT dan NTFS, disebut hard disk RAW. Saat drive Anda menjadi RAW, Anda tidak dapat mengaksesnya. Sementara itu, kapasitas ruang terpakai, dan ruang tak terpakai semuanya akan ditampilkan sebagai "nol". Artinya, semua data yang awalnya disimpan dalam disk "RAW" itu hilang. Anda tidak dapat melihatnya atau memindahkannya ke tempat yang aman untuk digunakan lebih lanjut.

Akan tetapi, program pemulihan data pihak ketiga dapat mengakses drive RAW ini dan mendapatkan kembali data sebelum Anda melakukan pemformatan. Perangkat lunak pemulihan data disk EaseUS adalah pilihan ideal untuk memulihkan data drive RAW. Perangkat lunak ini sepenuhnya kompatibel dengan semua Windows dan MacOS. Terlebih lagi, alat pemulihan ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan data dari kartu SD, USB flash drive atau flashdisk, HDD, dan perangkat penyimpanan lainnya. Prosesnya sendiri hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana.

Langkah 1: Hubungkan kartu Anda ke PC

Masukkan kartu ke card reader, dan hubungkan card reader yang berisi kartu tersebut ke komputer yang sehat dan tidak terinfeksi virus.

recover card 1

Langkah 2: Jalankan perangkat lunak pemulihan data EaseUS dan pindai kartunya.

Buka EaseUS Data Recovery Wizard di PC Anda dan pilih kartu Anda di bawah kolom Perangkat Eksternal. Kemudian klik Pindai untuk mulai menemukan data yang hilang pada kartu SD Anda sekarang.

recover card 2

Langkah 3: Periksa dan pulihkan data yang hilang.

Anda dapat memeriksa dan melihat pratinjau file yang ditemukan dengan mengklik dua kali masing-masing file. Kemudian klik Pulihkan untuk menyimpan file ke lokasi yang aman di PC Anda atau di penyimpanan eksternal. 

recover card 3

Apakah Anda Membutuhkan Layanan Pemulihan Data Khusus?
Anda mungkin memerlukan bantuan lebih lanjut untuk situasi kehilangan data yang sulit seperti kesalahan format, disk RAW, kehilangan partisi, kegagalan partisi ulang, dan kesalahan boot sistem. Konsultasikan dengan Pakar Pemulihan Data EaseUS untuk mendapatkan kembali data yang hilang tepat waktu.

Bagian 2. Memformat Kartu SD RAW Tanpa Kehilangan Data

Setelah memulihkan data dari kartu SD RAW, Anda sekarang dapat memformat kartu SD RAW ke NTFS atau FAT32 tanpa kehilangan data:

1. Format kartu SD Anda secara manual

Langkah 1: Masukkan kartu SD Anda ke pembaca kartu dan hubungkan pembaca kartu ke komputer Anda.

Langkah 2: Klik kanan "This PC", pilih "Manage", dan pilih "Disk Management".

Langkah 3: Cari dan klik kanan pada kartu SD Anda, pilih "Format".

Langkah 4:Klik "Yes" untuk melanjutkan, dan tetapkan label baru, sistem file - exFAT, FAT32 atau NTFS ke kartu. Kemudian klik "OK" untuk memformat kartu SD Anda.

format your SD card

2. Format kartu SD Anda dengan perangkat lunak

Di sini, kami merekomendasikan Alat pemformatan kartu SD pihak ketiga. Perangkat lunak ini benar-benar gratis untuk pemformatan kartu SD. Terlebih lagi, cara kerja alat ini sangat mudah dan cepat. Untuk memformat kartu SD di Windows 10 dan semua sistem operasi lainnya, Anda cukup mengunduh dan menginstal pengelola partisi gratis ini di PC Anda. 

format sd card with easeus partition master

Bagian 3. Cadangkan File untuk Melindungi Data Anda

Ambil tindakan pencegahan sebelum sesuatu terjadi pada Anda. Jika Anda memiliki cadangan kartu SD, tentunya Anda tidak perlu khawatir tentang masalah kehilangan data. Dan backup data bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah kehilangan data.

Untuk mencadangkan file, Anda perlu memiliki perangkat lunak pencadangan file gratis. Di sini, EaseUS Todo Backup adalah yang paling kami rekomendasikan. Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat membuat cadangan file, sekaligus menikmati banyak fitur bermanfaat selama proses pencadangan data tersebut. Anda dapat mengatur jadwal untuk mencadangkan file harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fitur lain seperti klon disk, klon partisi atau klon sistem, dan masih banyak lagi.

backup sd card to protect data