Gratis | Cara Memulihkan File dari USB Flashdisk yang Diformat

Pemformatan USB flashdisk yang tidak disengaja dapat terjadi sesekali. Untuk memulihkan USB flashdisk yang diformat, Anda memiliki tiga opsi umum untuk dipilih, diantaranya dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan data, cadangan data, atau CMD. Jika Anda ingin memulihkan file dari flashdisk yang diformat dengan aman dan efektif secara gratis, EaseUS Data Recovery Software adalah pilihan yang paling tepat.

Daftar isi

Updated by Imma on May 31,2021

KONTEN HALAMAN:

Ringkasan Pemulihan Data USB Flashdisk yang Diformat

Ada kalanya, Anda memformat USB flashdisk karena kesalahan pengoperasian. Namun, ada juga beberapa situasi di mana Anda harus memformat USB flashdisk karena Anda tidak dapat menggunakan perangkat secara normal tanpa proses pemformatan. Situasi ini meliputi:

  • Sistem korup
  • Sistem file raw
  • Muncul pesan kesalahan flashdisk atau hard disk belum diformat
  • Masalah volume tidak berisi sistem file yang dikenali atau beberapa kesalahan lainnya

Setelah Anda memformat USB, Anda akan menghadapi kehilangan data, baik itu foto, video, atau file Microsoft Office Anda. Singkatnya, semua file di USB flashdisk Anda akan hilang setelah Anda memformatnya. Dalam kebanyakan kasus, file yang diformat berisi beberapa konten penting yang tidak ingin Anda hilangkan sama sekali. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari cara memulihkan data dari USB flashdisk yang diformat. Saat Anda harus memulihkan data dari USB flashdisk yang diformat, ada dua cara yang bisa diterapkan. Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data yang mudah dan gratis, atau dengan menggunakan CMD .

2 Solusi untuk Memulihkan USB Flashdisk yang Diformat Secara Gratis

Penting
Hentikan penggunaan USB flashdisk setelah selesai diformat dan pulihkan file dari perangkat secepat mungkin. Karena setelah data ditimpa, Anda akan kehilangan kesempatan untuk memulihkan file Anda yang telah diformat. Semakin cepat Anda melakukan pemulihan USB flashdisk yang diformat, maka akan semakin tinggi kemungkinan Anda akan berhasil mengebalikan data Anda.

Setelah Anda memformat USB flashdisk, Anda dapat memilih salah satu solusi di bawah ini untuk melakukan pemulihan data.

Metode 1. Pulihkan Data dari USB Flashdisk yang Diformat dengan Perangkat Lunak Pemulihan Data EaseUS

Sebagai perangkat lunak pemulihan data gratis, EaseUS Data Recovery Wizard akan membantu Anda memulihkan file dengan biaya yang efektif. Selain USB flashdisk, perangkat lunak ini juga memungkinkan Anda untuk memulihkan file dari hard disk komputer yang diformat, hard disk eksternal, kartu SD, memory stick, dan perangkat penyimpanan yang kompatibel dengan PC lainnya. Berikut alasan mengapa kami merekomendasikan perangkat ini:

  • Pulihkan data dari flashdisk yang diformat dalam tiga langkah.
  • Pulihkan data dari partisi yang dihapus, tersembunyi, hilang atau RAW.
  • Mendukung pengguna untuk melihat file yang dapat dipulihkan.
  • Menyediakan dua mode pemindaian: pemindaian cepat dan pemindaian dalam.
  • 100% aman dan berfungsi dengan baik di komputer Windows dan Mac.

Unduh EaseUS Data Recovery Wizard secara gratis. Pelajari cara menggunakannya hanya dalam beberapa detik melalui tutorial video atau langkah-langkah mendetail yang disediakan di bawah ini:

Langkah 1. Gunakan perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS

Jalankan EaseUS Data Recovery Wizard dan pilih drive di hard disk tempat Anda kehilangan atau menghapus file. Klik Pindai untuk mulai memindai semua data dan file yang hilang.

recover lost data 1

Langkah 2. Pindai untuk menemukan semua data hard drive yang hilang

Perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS akan memindai seluruh drive yang dipilih dan menemukan semua file yang hilang, termasuk semua data yang ada dan yang tersembunyi.

recover lost data 2

Langkah 3. Pratinjau dan pulihkan data dan file hard drive yang hilang

Setelah pratinjau, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan klik Pulihkan untuk menyimpannya ke lokasi yang aman di PC Anda atau di perangkat penyimpanan eksternal lainnya. 

recover lost data 3

Seperti yang Anda lihat, perangkat lunak pemulihan file EaseUS dapat membantu Anda memulihkan semua data yang hilang karena pemformatan. Satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan untuk memulihkan USB flashdisk yang diformat adalah memilih lokasi data yang hilang dan file yang ingin Anda pulihkan. Perangkat lunak ini juga populer di kalangan pengguna yang perlu memulihkan file setelah mengosongkan recycle bin, mengembalikan data yang hilang setelah sistem crash, dan masih banyak lagi. Karena kasus kehilangan data dengan berbagai alasan hampir terjadi setiap hari, maka sebaiknya lengkapi komputer Anda dengan alat pemulihan data EaseUS guna memaksimalkan peluang Anda memulihkan semua file yang hilang.

Apakah Anda Membutuhkan Layanan Pemulihan Data Khusus?
Anda mungkin memerlukan bantuan lebih lanjut untuk situasi kehilangan data yang sulit seperti memformat ulang drive, disk RAW, kehilangan partisi, kegagalan partisi ulang, dan kesalahan boot sistem. Konsultasikan dengan Pakar Pemulihan Data EaseUS untuk layanan pemulihan manual one-on-one yang hemat biaya. Mereka dapat menawarkan layanan berikut setelah diagnosis GRATIS:
1. Membatalkan pemformatan drive
2. Perbaiki RAID, disk RAW, atau sistem operasi
3. Pulihkan partisi yang hilang (yang tidak dapat dipulihkan oleh perangkat lunak)

Metode 2. Kembalikan Data dari USB Flashdisk yang Diformat Menggunakan CMD

Sebagai aplikasi bawaan di Windows, CMD digunakan pengguna untuk mengeluarkan berbagai perintah. Seperti yang Anda ketahui, Anda juga dapat menggunakan CMD untuk memulihkan data. Bahkan dalam kasus ini, CMD bisa membantu memulihkan file dari USB flashdisk yang diformat. Berikut adalah langkah-langkah mendetail untuk memulihkan flashdisk yang diformat dengan CMD:

Langkah 1. Hubungkan USB flashdisk ke komputer Anda.

usb drive format recovery

Langkah 2. Periksa huruf drive USB Anda melalui "This PC".

Langkah 3. Klik ikon pencarian di taskbar, masukkan "cmd", lalu klik kanan "Command Prompt" dan pilih "Run as administrator".

Langkah 4. Masukkan chkdsk F: / f di Command Prompt. (Ganti F: dengan huruf drive dari USB Anda yang telah diformat.)

Langkah 5. Masukkan Y dan kemudian masukkan huruf drive dari flashdisk Anda.

Langkah 6. Masukkan F: \> attrib –h –r –s / s / d *. * Dan CMD akan memulihkan semua file dari flashdisk Anda yang telah diformat. (F berarti huruf drive atau USB Anda)

Menerapkan metode CMD mengharuskan Anda memiliki pengetahuan komputer tingkat lanjut. Jika menurut Anda metode ini terlalu sulit, Anda dapat menggunakan Metode 1.

Tips Tambahan: Kembalikan File yang Diformat Menggunakan Backup

Dalam kasus yang jarang terjadi, pengguna mungkin memiliki cadangan data USB mereka. Jika Anda berada dalam situasi yang sama, cukup pulihkan USB flashdisk Anda yang telah diformat dengan file cadangan secara langsung. Jika Anda tidak memiliki cadangan, Metode 1 adalah cara yang paling disarankan untuk mendapatkan kembali file Anda yang diformat dengan aman. Oleh karena itu, Anda perlu memelihara kebiasaan baik untuk selalu mencadangkan data flashdisk Anda secara teratur dengan perangkat lunak pencadangan gratis yang andal untuk menghindari kehilangan data sepenuhnya.

Dapatkah Memulihkan Data dari USB Flashdisk yang Diformat?

Satu pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna adalah 'Mengapa USB flashdisk yang diformat dapat dipulihkan?'. Di bagian ini, kami akan memberi tahu Anda prinsip dasar pemulihan data.

Umumnya, setelah memformat, file yang Anda hapus tidak sepenuhnya hilang dari drive Anda dan file ini menempati ruang pada memori. File tersebut tidak akan dihapus secara permanen sampai data baru ditulis. Dan dengan bantuan perangkat lunak dan layanan pemulihan data, Anda dapat mengembalikan file tersebut.

Jadi poin terpenting setelah pemformatan flashdisk adalah berhenti menggunakan flashdisk baik untuk menyimpanan data baru atau pun untuk membuat perubahan lain pada flashdisk yang diformat ulang. Data baru atau perubahan apa pun pada drive yang diformat akan menimpa data lama.

Perbandingan: Mengapa EaseUS Data Recovery Wizard adalah Pilihan Terbaik

Meskipun ketiga cara yang sudah dijelaskan sebelumnya dapat membantu Anda memulihkan USB flashdisk yang diformat, namun cara paling mudah adalah dengan menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard. Ini adalah alat perangkat lunak pemulihan data yang profesional dan dapat dipercaya. Dengan bantuan EaseUS Data Recovery Wizard, Anda dapat menemukan semua file yang diformat pada USB flashdisk Anda, dan kemudian memulihkan semua data atau mengembalikan file secara selektif. Selain karena multi-fungsi, beberapa kelebihan lain dari perangkat ini yang menarik perhatian pengguna adalah sebagai berikut:

  • Mudah digunakan

EaseUS Data Recovery Wizard dikenal sebagai perangkat lunak yang ramah pengguna. Untuk memulihkan file dari USB flashdisk yang diformat, Anda hanya perlu melakukan proses 3 langkah untuk menyelesaikan berbagai hal.

  • 100% Aman

Perangkat lunak ini bebas virus dan bebas plug-in. Anda dapat mengunduhnya tanpa khawatir menyebabkan kerusakan pada komputer Anda.

  • Kompatibilitas Luar Biasa

EaseUS Data Recovery Wizard mendukung Windows 10 / 8.1 / 8/7 / Vista / XP dan Windows Server 2019/2016/2012/2008/2003. Hal ini memungkinkan Anda untuk memulihkan file dari laptop / desktop Windows dan perangkat penyimpanan eksternal yang kompatibel dengan Windows. Anda dapat menggunakan software ini untuk memulihkan file dari partisi dengan sistem file seperti FAT, exFAT, NTFS, NTFS5, ext2 / ext3, HFS +, dan ReFS.

Dibandingkan dengan menggunakan CMD dan file cadangan, EaseUS Data Recovery Wizard memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam memilih file yang ingin Anda pulihkan. Selain itu, software ini akan membantu Anda mengambil data dalam lebih banyak situasi kehilangan data. Anda akan membutuhkannya untuk menyelamatkan data Anda tidak hanya dalam kasus USB flashdisk yang diformat tetapi juga dalam situasi kehilangan data sulit lainnya. Jangan ragu untuk mencobanya.