Perangkat Lunak Pemulihan Data SSD Terbaik untuk Memulihkan Data / File dari SSD

Perangkat lunak pemulihan SSD EaseUS dapat Anda unduh di sini. Perangkat lunak ini mampu memulihkan file yang diformat, dihapus atau hilang dan juga data partisi NTFS / FAT pada drive SSD di Windows 10/8/7. Cobalah untuk melakukan pemulihan data SSD untuk menyelamatkan file Anda dalam tiga langkah sederhana.

Daftar isi

Updated by Imma on Mar 22,2021

Video Tutorial: Cara Memulihkan Data dari SSD

Tonton cara memulihkan data dari SSD setelah penghapusan file atau pemformatan disk dengan alat pemulihan data SSD yang tangguh. Saat ini, SSD menjadi semakin populer, sehingga banyak pengguna yang lebih banyak membelinya daripada hard disk drive (HDD) konvensional. Menghapus file secara tidak sengaja, memformat hard disk, serangan virus, kegagalan sistem operasi, atau kegagalan sistem file dapat menyebabkan hilangnya data pada SSD. Tapi jangan khawatir. Anda dapat melakukan pemulihan data pada SSD dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan data EaseUS. Jika Anda menghapus partisi pada SSD, ada tutorial online untuk membantu Anda memulihkan partisi yang hilang pada SSD.

Apa Itu Solid State Drive (Ringkasan Tentang SSD)

Solid State Drive yang merupakan kepanjangan dari SSD, terdiri dari chip memori elektronik solid-state (biasanya RAM DDR atau Memori Flash) untuk membaca dan menulis data. SSD ini mampu memperpanjang umur baterai notebook, mengurangi bobot mesin, dan meningkatkan kinerja baca. Solid State Drive telah memecahkan masalah kendala fisik dan sekarang banyak digunakan untuk menggantikan hard disk drive dengan sirkuit berkecepatan tinggi.

ssd drive

Apa yang membuat Solid State Drive begitu populer? Berikut jawabannya:

  1. 1. Drive SSD memberikan waktu akses yang lebih cepat daripada hard disk
  2. 2. Waktu akses SSD tidak bergantung pada interface baca / tulis yang disinkronkan dengan sektor data pada disk yang berputar.
  3. 3. SSD juga memberikan ketahanan fisik yang lebih baik terhadap getaran fisik, guncangan, dan fluktuasi suhu yang ekstrim. SSD juga kebal terhadap medan magnet kuat yang dapat mempengaruhi hard disk.

Mengapa Anda Perlu Melakukan Pemulihan Data SSD?

Dengan semua keunggulannya, tidak diragukan lagi bahwa SSD pada akhirnya akan menggantikan teknologi hard disk dan menandai debut mainstream pertamanya di notebook kelas atas. Namun, berbanding lurus dengan popularitasnya, masalah kehilangan data di SSD juga bisa terjadi. Dan cukup penting bagi Anda untuk mengetahui alasan utama penyebab hilangnya data di drive SSD, agar Anda dapat mengantisipasinya. Berikut adalah beberapa alasan utama yang perlu Anda perhatikan:

  • Penghapusan atau pemformatan yang ceroboh
  • Serangan atau infeksi virus
  • Kehilangan partisi pada drive SSD
  • Kegagalan sistem
  • Kerusakan drive SSD
  • ...

Apa Perangkat Lunak Pemulihan SSD Terbaik untuk Memulihkan Data?

Bahkan jika Anda mengambil setiap tindakan pencegahan untuk menghindari masalah kehilangan data, Anda mungkin masih harus mengalami masalah kehilangan data. Untungnya, perangkat lunak pemulihan drive SSD pihak ketiga selalu tersedia untuk membantu. Di sini, EaseUS Data Recovery Wizard sangat direkomendasikan. Dengan kapasitas pemulihan data yang kuat, alat pemulihan SSD ini dapat memulihkan file yang hilang dari drive SSD dalam semua situasi kehilangan data yang rumit.

Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk membatalkan penghapusan file dari drive SSD, meng-unformat drive SSD, dan melakukan pemulihan RAW drive SSD, dan masih banyak lagi. Selain itu, dengan fitur yang mudah digunakan, software ini dapat membantu semua kalangan pengguna komputer untuk memulihkan data SSD dan menyelamatkan file mereka hanya dengan langkah sederhana. Anda tidak perlu memiliki pengetahuan profesional atau keterampilan teknis.

Untuk memulihkan data dari SSD menggunakan perangkat lunak pemulihan data SSD EaseUS, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1. Gunakan perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS

Jalankan EaseUS Data Recovery Wizard dan pilih drive di hard disk tempat Anda kehilangan atau menghapus file. Klik Pindai untuk mulai memindai semua data dan file yang hilang.

recover lost data 1

Langkah 2. Pindai untuk menemukan semua data hard drive yang hilang

Perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS akan memindai seluruh drive yang dipilih dan menemukan semua file yang hilang, termasuk semua data yang ada dan yang tersembunyi.

recover lost data 2

Langkah 3. Pratinjau dan pulihkan data dan file hard drive yang hilang

Setelah pratinjau, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan klik Pulihkan untuk menyimpannya ke lokasi yang aman di PC Anda atau di perangkat penyimpanan eksternal lainnya. 

recover lost data 3

Penting
Prosedur ini hanya berfungsi untuk memulihkan file yang hilang pada SSD yang sebelumnya Anda hapus, dan SSD TRIM dinonaktifkan. Jika Anda telah mengaktifkan fungsi "Trim" pada SSD Anda tetapi menghadapi kasus kehilangan data, dikhawatirkan kemungkinan berhasilnya tipis. Jadi, Anda dapat mencoba menonaktifkan Trim untuk pemulihan data SSD jika menurut Anda perlu.

Fitur yang Disorot dari Perangkat Lunak Pemulihan SSD EaseUS 

Pelajari lebih lanjut tentang perangkat lunak profesional untuk memulihkan file yang dihapus dan diformat secara permanen dari SSD.

Fitur  Rincian
Memulihkan Data Drive SSD yang Diformat EaseUS Data Recovery Wizard mampu memulihkan file dari Solid State Drive yang diformat atau diformat ulang.
Memulihkan Data yang Dihapus dari SSD  File penting terhapus secara tidak sengaja dari disk SSD. Dengan program pemulihan SSD ini, Anda dapat dengan mudah mengaembalikan file data yang telah hilang.
Memulihkan File dari SSD yang Rusak Aplikasi ini mampu mengakses file bahkan dari SSD yang rusak. Perangkat ini memindai semua file / folder yang rusak dan memulihkannya kembali dalam keadaan sehat hanya dengan beberapa klik mudah.
Mendukung Pemulihan Partisi GPT dan MBR Anda dapat menggunakan software ini untuk memulihkan item multimedia yang hilang dari GPT serta partisi MBR dari SSD Anda. Perangkat ini juga memungkinkan pemindaian pada partisi yang tidak terisi.

Tips untuk Melindungi File Anda dari Bencana Kehilangan Data SSD

Setelah mengembalikan file yang hilang atau terhapus dari SSD, Anda sebaiknya mempelajari cara melindungi data Anda agar terhindar dari masalah kehilangan data lebih lanjut. Di sini, kami mencantumkan beberapa tips bermanfaat untuk menghindari bencana kehilangan data yang tidak terduga.

  • Cadangkan data penting ke drive lain atau perangkat penyimpanan eksternal
  • Unduh dan instal perangkat lunak anti-virus untuk memindai dan menghapus semua virus dari drive SSD
  • Segera hentikan penggunaan drive SSD saat Anda menyadari masalah kehilangan data terjadi pada drive Anda
  • Terapkan perangkat lunak pemulihan drive SSD seperti EaseUS Data Recovery Wizard untuk bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Akan menjadi bencana besar jika Anda kehilangan data penting dari SSD. Tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data berharga di drive SSD Anda, dan ikuti panduan pemulihan data SSD untuk melindungi dan menyelamatkan file Anda. Perangkat lunak pemulihan data SSD EaseUS dirancang untuk memulihkan data yang dihapus, diformat, dan rusak secara permanen dari drive SSD di OS Windows.

Tanya Jawab Tentang Pemulihan Data SSD

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum terkait cara memulihkan file dari SSD. Jika Anda juga mengalami masalah yang serupa, Anda dapat menemukan metode dan solusinya di sini.

Bisakah data SSD dipulihkan?

Apakah data SSD dapat dipulihkan atau tidak adalah pertanyaan yang rumit. Seperti kita ketahui bahwa dengan adanya teknologi yang dikenal sebagai SSD TRIM, hampir tidak mungkin perangkat lunak pemulihan data memulihkan data dari drive SSD ketika file atau folder telah dihapus.

Namun, dalam kasus partisi yang diformat secara tidak sengaja atau menghapus file saat TRIM dinonaktifkan, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pemulihan data SSD untuk memulihkan file di SSD.

Bagaimana cara memulihkan data dari SSD yang gagal?

Secara umum, sulit untuk mengidentifikasi apakah SSD mati atau gagal. Tetapi ada beberapa indikator yang dapat Anda deteksi apakah SSD Anda sudah mendekati batasan siklus baca / tulis atau mungkin sedang mengalami masalah fisik:

  • Bad blocks, penyimpanan, pembacaan, dan pemindahan file pada SSD dapat mengakibatkan kegagalan
  • Sistem file perlu diperbaiki meskipun tidak menunjukkan kerusakan yang berarti
  • Komputer crash saat booting, dan SSD mungkin gagal
  • SSD melakukan mode hanya-baca

Saat SSD Anda gagal, Anda masih dapat memulihkan data. Hubungkan SSD ke komputer, jalankan EaseUS Data Recovery Wizard; lalu Anda dapat mengakses SSD dan memulihkan datanya.

Bagaimana Anda memperbaiki SSD yang gagal?

Cara memperbaiki SSD yang gagal tergantung pada penyebab masalahnya. Jika ada masalah fisik, seperti kerusakan perangkat keras atau unit flash yang rusak, SSDS mungkin perlu diganti. Namun, jika disfungsi disebabkan oleh kesalahan logika, seperti bad blocks, kegagalan perangkat lunak, infeksi malware, drive yang kedaluwarsa, dan sebagainya, Anda dapat menggunakan opsi berikut untuk memperbaiki SSD yang mati atau gagal.

  • Format SSD, tetapi ingat untuk memulihkan file dari SSD terlebih dahulu
  • Power cycle SSD
  • Idling di menu boot
  • Memperbarui firmware SSD
  • Memperbarui driver

Berapa biaya pemulihan data SSD?

Hal ini tergantung pada cara yang Anda pilih untuk memulihkan data SSD dan alat yang Anda gunakan. Dengan bantuan dari vendor SSD, pemulihan data untuk drive dengan enkripsi disk penuh berharga sekitar $ 700. Namun, ketika bantuan vendor tidak tersedia, pemulihan data SSD dapat melonjak menjadi $ 3.500, menurut Gillware yang merupakan sebuah perusahaan pemulihan data. Keduanya terlalu mahal.

Sementara jika Anda memilih perangkat lunak pemulihan data SSD EaseUS, Anda dapat dengan mudah memulihkan data dari SSD hanya dengan $ 69,95. Anda dapat menggunakan alat ini untuk memulihkan file yang hilang dari hard disk (HDD & SSD), recycle bin yang telah dikosongkan, USB flash disk, kartu SD, hard disk eksternal, dan masih banyak lagi.