Cara Memulihkan File yang Dihapus dari Hard Disk

Untuk memulihkan file yang terhapus dari hard disk secara efektif, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data yang andal - EaseUS Data Recovery Wizard. Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat mengambil data berharga Anda dalam tiga langkah. Unduh perangkat lunak ini untuk memulihkan file yang terhapus dari hard disk di Windows 10/8/7 sekarang.

Daftar isi

Updated by Imma on May 28,2021

Bisakah Saya Memulihkan File yang Dihapus dari Hard Disk?

Cara setiap orang dalam menghapus file dari hard disk tentunya bervariasi. Umumnya, jika Anda menghapus file dari hard disk komputer menggunakan tombol "Delete", file yang dihapus akan masuk ke Recycle Bin dan Anda dapat memulihkan data yang dihapus dari Recycle Bin. Namun, dalam banyak kasus, Anda memerlukan bantuan perangkat lunak pemulihan data untuk memulihkan file yang terhapus dari hard disk. Sebagai contoh:

  • Anda menghapus file dari hard disk komputer Anda dan mengosongkan Recycle Bin
  • Anda secara permanen menghapus data dari hard disk Anda dengan menggunakan "Shift + Delete"
  • Anda menghapus file dari hard disk eksternal (file yang dihapus dari hard disk eksternal akan melewati Recycle Bin)
Penting
Berhenti menggunakan hard disk tempat Anda ingin memulihkan file yang terhapus. Setelah data yang dihapus ditimpa dengan konten baru, maka tidak ada cara untuk mengembalikan data kembali.

Cara Memulihkan File yang Dihapus dari Hard Disk

Untuk mengembalikan data dari hard disk, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan hard disk - EaseUS Data Recovery Wizard, atau dengan mengirim hard disk Anda ke layanan pemulihan data manual. Akan tetapi mengingat biaya pemulihan hard disk yang cukup tinggi, Anda disarankan untuk mencoba perangkat lunak pemulihan data, yang jauh lebih murah dan lebih cepat daripada layanan pemulihan manual. Selain pemulihan file yang dihapus dari hard disk, EaseUS Data Recovery Wizard juga mendukung:

  • Pemulihan data yang diformat, pemulihan partisi yang hilang, pemulihan kerusakan OS, pemulihan serangan virus, dan pemulihan partisi RAW
  • Pemulihan data yang hilang dari hard disk, USB flash disk, kartu memori, kamera digital dan masih banyak lagi
  • Pemulihan hampir semua jenis file yang ada, termasuk gambar, audio, video, email, file Microsoft, file Adobe, dan lain sebagainya

Langkah-langkah untuk memulihkan file yang terhapus dari hard disk dengan perangkat lunak pemulihan file EaseUS:

Langkah 1. Gunakan perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS

Jalankan EaseUS Data Recovery Wizard dan pilih drive di hard disk tempat Anda kehilangan atau menghapus file. Klik Pindai untuk mulai memindai semua data dan file yang hilang.

recover lost data 1

Langkah 2. Pindai untuk menemukan semua data hard drive yang hilang

Perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS akan memindai seluruh drive yang dipilih dan menemukan semua file yang hilang, termasuk semua data yang ada dan yang tersembunyi.

recover lost data 2

Langkah 3. Pratinjau dan pulihkan data dan file hard drive yang hilang

Setelah pratinjau, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan klik Pulihkan untuk menyimpannya ke lokasi yang aman di PC Anda atau di perangkat penyimpanan eksternal lainnya. 

recover lost data 3

Lihat video tutorial:

Jika Anda ingin mengembalikan data dari hard disk di Mac, Anda dapat mengunduh EaseUS Data Recovery Wizard versi Mac untuk memulihkan file yang terhapus di Mac.

Pengetahuan Dasar- Mengapa File yang Dihapus Dapat Dipulihkan

Ada kesalahpahaman umum yang menganggap bahwa saat kita menghapus sebuah file, maka file tersebut akan terhapus sepenuhnya dari hard disk komputer. Faktanya adalah bahwa setiap kali file dihapus pada hard disk, ternyata file tersebut tidak benar-benar terhapus. Sebaliknya, hanya nama atau entri file yang berfungsi sebagai penunjuk lokasi file yang dihapus pada hard disk. Penunjuk ini, bersama dengan penunjuk lain untuk setiap folder dan file pada hard disk, disimpan dan digunakan oleh sistem operasi untuk mengkompilasi struktur pohon direktori. Dengan menghapus file penunjuk, file yang sebenarnya menjadi tidak terlihat oleh sistem operasi. Dan itu berarti Anda dapat menulis data baru di area tempat file lama berada.

Dengan demikian, apabila file yang dihapus pada hard disk Anda tidak atau belum ditimpa oleh file lain, maka masih ada kemungkinan untuk memulihkan file yang dihapus dari hard disk. Itulah alasan mengapa EaseUS Data Recovery Wizard dapat memulihkan file yang terhapus, data yang diformat, maupun file yang hilang.

Kesimpulan

Sebenarnya, memulihkan file yang terhapus dari hard disk adalah salah satu fitur dasar dari hampir semua perangkat lunak pemulihan data. Anda dapat membandingkan dan memilih salah satu yang paling Anda sukai. Selain itu, untuk menghindari kehilangan data di masa mendatang, sebaiknya Anda secara rutin mencadangkan file penting Anda ke hard disk atau perangkat penyimpanan lain. Meskipun pemulihan data sangat membantu dalam banyak kasus, namun selalu lebih baik untuk mencegah terjadinya kehilangan data.