Alat Penghapus Virus Pintasan Gratis

Virus pintasan menyusup ke perangkat penyimpanan dan mengganti semua file dengan pintasan atau shortcut sehingga Anda tidak dapat mengakses konten file. Untungnya file virus shortcut dapat dihapus dengan input baris perintah. Jika virus ada di PC Anda, An

Daftar isi

Updated by Roxanne on Jul 29,2021

Virus Shortcut atau Pintasan

Virus shortcut adalah malware yang menginfeksi hard disk komputer, USB flashdisk, dan kartu SD. Virus akan berpindah ke perangkat penyimpanan setiap kali terhubung ke perangkat yang terinfeksi. Anda juga dapat menginfeksi komputer Anda dengan menjalankan file .exe yang mengandung virus. Virus shortcut menyembunyikan semua file di dalam partisi atau hard disk yang terinfeksi dan menggantinya dengan pintasan dengan nama file yang sama. Saat Anda membuka salah satu pintasan ini, virus akan mereplikasi dan menembus lebih dalam ke perangkat penyimpanan Anda.

Virus ini tidak hanya membuat frustrasi, tetapi juga dapat mengorek informasi pribadi dari komputer atau perangkat penyimpanan Anda, jadi sangat penting untuk segera menghapus virus pintasan dengan cepat. Untungnya, memulihkan file dari virus pintasan tanpa kerusakan permanen sangat mungkin dilakukan secara gratis dengan menggunakan perangkat lunak bawaan Windows.

Alat Penghapusan Virus Pintasan Gratis

Ada beberapa produk perangkat lunak pihak ketiga yang memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Akan tetapi pada dasarnya, alat penghapus virus pintasan terbaik dan gratis sudah ada di PC Windows Anda, yaitu dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Dengan CMD, Anda dapat menghapus file virus shortcut dari drive manapun di PC Anda. Dengan menentukan huruf drive, Anda dapat menyingkirkan virus di perangkat yang Anda inginkan seperti hard disk, USB flashdisk, kartu SD, atau perangkat penyimpanan apa pun yang terhubung ke PC Anda.

Menghapus Virus Shortcut

Virus pintasan memang sangat mengganggu dan dapat menempel dengan sendirinya pada proses startup sistem Anda. Oleh karena itu, selain menghapus file virus pintasan dengan penghapus virus pintasan CMD, Anda juga harus memeriksa registri untuk menghentikan virus ini, atau virus mungkin muncul kembali. Proses penghapusan virus pintasan adalah sebagai berikut:

Penting untuk diingat bahwa virus menyebar ke perangkat penyimpanan setiap kali terhubung ke perangkat yang terinfeksi. Anda harus terlebih dahulu menghapus file virus pintasan melalui cmd dari perangkat penyimpanan eksternal yang terinfeksi, kemudian hard disk internal Anda.

1. Hapus File Virus Shortcut dengan CMD

Peringatan
Command Prompt adalah alat yang hebat dan bisa Anda andalkan. Namun, hati-hati saat Anda menggunakan cmd. Masukan perintah hanya dari sumber tepercaya jika Anda tidak yakin bagaimana mengoperasikannya sendiri. Penggunaan CMD yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem Anda. Cadangkan sistem Anda untuk menghindari kerusakan.

Langkah 1: Klik kanan pada "Start" dan pilih "Command Prompt (Admin)".

Langkah 2: Masuk dengan akun Administrator dan kata sandi Anda jika ditanyakan oleh sistem.

Langkah 3: Ketik: attrib -h -r -s /s /d D:\*.* dan tekan "Enter". (Ganti D: dengan huruf drive dari lokasi tempat file virus berada.)

Langkah 4: Ketik: del autorun.inf dan tekan "Enter".

Jika Anda terinfeksi virus lain, ganti autorun.inf dengan ekstensi virus lain seperti * .ink, * .exe, atau * .vbm untuk menghapus file yang mencurigakan tersebut. Pada titik ini, Anda telah menghapus virus pintasan dari perangkat penyimpanan Anda dan seharusnya Anda dapat melihat dan menggunakan data secara normal.

Perhatian:
Jika Anda masih tidak dapat melihat atau mengakses file yang disimpan di perangkat yang terinfeksi sebelumnya, buka bagian pemulihan file tambahan untuk mendapatkan kembali data Anda dengan cepat.

2. Hapus Proses Pintasan dari Registri

Jika hanya perangkat penyimpanan Anda yang terinfeksi, dan bukan komputer Anda, maka sebenarnya langkah ini tidak perlu dilakukan. Akan tetapi, tentunya Anda akan lebih tenang jika mengetahui bahwa virus tidak bersembunyi di PC Anda.

Langkah 1:Tekan Win+R dan ketik: regedit untuk masuk ke registri.

Langkah 2: Navigasikan ke HKEY_CURRENT_USER> Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion> Run.

Langkah 3: Cari nama file yang mencurigakan dalam daftar. Cari nama proses virus yang Anda curigai dan hapus yang diketahui sebagai malware. Berhati-hatilah untuk tidak menghapus proses non-virus yang penting.

  • Virus pintasan sering kali menemukan jalan untuk masuk ke aplikasi startup PC Anda, jadi penting untuk memeriksanya juga:

Langkah 4: Tekan Win + R dan ketik msconfig lalu klik "OK".

Langkah 5: Di Startup, nonaktifkan semuanya kecuali untuk aplikasi tepercaya dan perangkat lunak antivirus.

Langkah 6: Kemudian restart komputer Anda.

3. (Opsional) Bersihkan Sisa-sisa Virus Pintasan dengan Perangkat Lunak Antivirus

Perangkat lunak antivirus dapat berfungsi sebagai jaminan ganda bahwa tidak ada sisa-sisa virus di PC Anda. Unduh dan instal perangkat lunak antivirus untuk memindai PC Windows Anda. Dari sekian banyak produk perangkat lunak antivirus, beberapa diantaranya mungkin dapat bekerja lebih efektif dan sesuai dengan pengaturan khusus perangkat keras Anda. Jadi, Anda dapat mencoba lebih dari satu jika Anda mau. Di bawah ini adalah daftar perangkat lunak antivirus yang direkomendasikan untuk menghapus virus Shortcut.

  • Trojan Removal Tool.
  • Shortcut virus fixfolder.
  • Malwarebytes Anti-Malware.

Tambahan: Memulihkan File Setelah Menghapus Virus Pintasan

Dalam proses menghapus virus pintasan dari PC atau perangkat penyimpanan eksternal Anda, mungkin ada beberapa file non-virus yang ikut terhapus secara tidak sengaja. Anda harus menelusuri perangkat Anda untuk memeriksa apakah ada folder atau file yang hilang. Hal ini akan sangat merepotkan jika harus menjelajahi seluruh hard disk secara manual untuk mengecek apakah ada beberapa file yang berpotensi hilang.

Untuk mengatasi masalah ini, gunakan perangkat lunak pemulihan data untuk mencari file yang hilang di drive Anda. EaseUS Data Recovery Wizard mampu memindai jauh ke dalam konten data disk Anda untuk menemukan semua data yang hilang akibat serangan virus, penghapusan, atau pemformatan. Unduh secara gratis untuk melihat apakah ada file Anda yang hilang.

Jika Anda hanya kehilangan beberapa file, Anda dapat memulihkannya secara gratis. Versi gratis dari EaseUS Recovery Wizard memungkinkan Anda untuk memulihkan data hingga 2GB, dan Anda dapat melihat pratinjau sejumlah file untuk memeriksa kualitasnya. Untuk pemulihan tanpa batas, tingkatkan ke versi Pro.

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3