Cara Memulihkan File yang Terhapus di PC Windows 10/8/7

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus, tergantung dari letak dimana file tersebut dihapus. Anda bisa merestore file yang terhapus dari recycle bin, menggunakan data backups, atau dengan menggunakan software pemulihan data yang akan memulihkan kembali file yang hilang meskipun sudah dihapus secara permanen dan tanpa backup.

Daftar isi

Updated by Imma on Feb 03,2021

KONTEN HALAMAN:

Pulihkan File yang Dihapus dari Recycle Bin

Kembalikan File yang Dihapus dengan Perangkat Lunak Pemulihan File yang Dihapus

Kembalikan File yang Dihapus dari Versi Sebelumnya Menggunakan System Restore 

Bagaimana memulihkan file yang terhapus dari Recycle Bin

Jika Anda hanya menghapus file di komputer dengan memindahkannya ke Recycle Bin dan tidak menekan tombol Empty Recycle Bin, maka akan sangat mudah untuk mengembalikan file tersebut.

Langkah 1. Buka Recycle Bin, cari dan klik kanan file yang Anda inginkan dan pilih "Restore".

Langkah 2. Cara ini akan menarik kembali file yang dihapus ke lokasi aslinya. Setelah pemulihan, Anda dapat menyalin file ke drive lain yang Anda inginkan.

Jika Anda pengguna Mac, klik dan lihat cara memulihkan file yang dihapus di Mac.

Langkah cepat untuk mengembalikan file yang terhapus di Windows 10

Bagaimana cara memulihkan file yang terhapus di PC dengan Recycle Bin:

  1. 1. Klik kanan ikon di desktop.
  2. 2. Pilih Open pada menu drop-down.
  3. 3. Periksa dan pilih file yang akan dipulihkan.
  4. 4. Klik kanan pada file yang Anda butuhkan. 
  5. 5. Pilih Restore untuk memulihkan file yang dipilih. Anda juga dapat mengembalikan file yang sudah dihapus dengan cara menarik file (drag) tersebut dari Recycle Bin.

recover deleted file from recycle bin

Cara Memulihkan File yang Dihapus dengan Software Pemulihan File yang Dihapus

Jika file yang dihapus sudah tidak ada di Recycle Bin tetapi Anda masih ingin mengembalikan file yang hilang tersebut, Anda dapat mencoba software pemulihan data pihak ketiga. EaseUS Data Recovery Wizard adalah alat pemulihan data yang mudah digunakan dan telah melayani pasar di bidang ini selama lebih dari satu dekade. Perangkat lunak ini dirancang untuk mengatasi semua kasus kehilangan data yang rumit seperti pemulihan yang terhapus, pemulihan format, pemulihan data setelah serangan virus, kerusakan sistem, RAW, dan masih banyak lagi. EaseUS Data Recovery Wizard telah membantu banyak pengguna dalam mengembalikan file yang dihapus dari PC, hard drive eksternal, kartu memori, dan drive USB. 

EaseUS Data Recovery Wizard menggunakan teknologi algoritme canggih untuk memindai secara menyeluruh setiap unit penyimpanan dari sebuah fisik hard drive. Proses keseluruhan bagi pengguna untuk mencari dan menemukan item yang dihapus adalah sebagai berikut.

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3

 

Perhatian: Jangan menyimpan data yang telah dipulihkan, kembali ke partisi atau drive tempat Anda kehilangan data! Anda dapat mentransfer ke lokasi itu setelah proses pemulihan selesai. Akan tetapi memulihkan langsung ke drive yang sama akan beresiko menimpa file.

Cara Mengembalikan File yang Dihapus dari Versi Sebelumnya

Jika file yang Anda hapus tidak ada di recycle bin, atau jika Anda telah mengosongkan recycle bin dan tidak ingin menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk mengembalikan file yang terhapus, Anda dapat mencoba memulihkan versi lama dari file yang terhapus atau hilang tersebut dengan menggunakan fitur pencadangan dan pemulihan gratis yang ada di dalam Windows. Berikut langkah-langkahnya:

Pada Windows 7:

Langkah 1. Klik tombol "Start"> "Computer", arahkan ke folder yang dulu berisi file atau folder tersebut.

Langkah 2. Klik kanan folder tersebut, lalu klik "Restore previous versions".

Langkah 3. Anda akan melihat daftar dari versi sebelumnya yang tersedia dari file atau folder yang dihapus, dengan waktu dan tanggal yang berbeda. Pilih versi yang Anda inginkan dan klik "Restore" untuk mengembalikan file yang dihapus.

restore previous version 1

Pada Windows 10/8.1/8:

Langkah 1. Buka folder yang dulu berisikan file yang dihapus dan klik tombol "History".

Langkah 2. Riwayat File akan menampilkan semua file yang ada dalam backup terbaru folder tersebut.

Langkah 3. Klik tombol "Previous" untuk mencari dan memilih file yang ingin Anda ambil, lalu klik tombol "Restore" untuk mendapatkannya kembali.

recover files via file history

Kemana File yang Dihapus Pergi?

Pernahkah Anda mengalami masalah kehilangan data di hard drive PC, kartu memori, atau perangkat USB secara tidak sengaja karena kesalahan menghapus? Berikut ini adalah cara para pengguna Microsoft dalam menghapus gambar, video, dokumen, dan file lain yang sering mereka gunakan sehari-hari dan ke mana file-file yang dihapus tersebut disimpan.

• Untuk menghapus file atau folder, klik kanan pada ikonnya dan pilih Delete dari menu pop-up.

• Untuk menghapus dengan cepat, cukup tekan tombol Delete. Atau, drag file langsung ke Recycle Bin.

Item yang dihapus dengan cara seperti diatas seharusnya masuk ke Recycle Bin, dan Anda masih berkesempatan untuk memulihkannya kembali. Selain itu, masih ada dua situasi lain saat Anda menghapus file.

• Gunakan shift + delete untuk menghapus file atau sekumpulan file secara permanen.

• File terlalu besar untuk Recycle Bin.

Dalam dua kasus ini, file yang dihapus akan melewati Recycle Bin dan hilang selamanya. Kemudian Anda tidak dapat memulihkan file yang sudah hilang dari recycle bin. Bagaimana cara memulihkan file yang terhapus di Windows dan memulihkan data yang hilang secara permanen? Anda dapat memeriksa konten di atas untuk mempelajari cara membatalkan penghapusan file.

Bisakah Saya Memulihkan File yang Dihapus?

Apakah mungkin untuk memulihkan file yang terhapus? Ketika kehilangan data terjadi, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah berhenti menggunakan komputer atau perangkat penyimpanan memori eksternal lainnya.

Mengapa demikian? Saat Anda mengklik kanan file dan menekan Delete, sistem menyembunyikan data dengan menghapus direktori file dan menandai ruang tersebut sebagai kosong untuk digunakan. Pada saat itu, Anda dapat dengan cepat mendapatkan kembali file tersebut dengan membangun kembali direktori file. Data di ruang tersebut tidak dihapus sampai ruang itu ditempati oleh data baru. Data baru kemungkinan akan menimpa file yang sebelumnya dihapus, sehingga kemungkinan pemulihan data yang berhasil akan terpengaruh. Jauh lebih berisiko jika Anda memiliki hard drive, kartu memori, atau drive USB dengan ruang kosong terbatas.

Jadi, jika Anda salah menghapus data dari perangkat, hentikan penggunaan perangkat seperti yang disarankan, dan mulai proses pemulihan data sesegera mungkin. Ada 3 cara yang bisa Anda coba untuk memulihkan file yang terhapus di Windows 10 / 8.1 / 8/7.

Ringkasan

Setelah membaca tutorial ini, kami yakin Anda telah mempelajari metode efektif tentang cara memulihkan file yang terhapus pada PC Windows 10/8/7. Saat Anda menghapus file, pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu. Anda dapat mencari Recycle Bin menggunakan kotak pencarian di sudut kanan atas, yang dapat membantu Anda memulihkan file yang terhapus secara tidak sengaja.

Selanjutnya, periksalah apakah Anda memiliki data cadangan/backup. Akan jauh lebih mudah jika Anda mencadangkan file terlebih dahulu daripada harus memulihkannya saat data tersebut hilang. Anda harus mencadangkan file terpenting secara teratur agar terhindar dari resiko kehilangan. Untuk melindungi file, Anda dapat mengaktifkan File History atau Windows Backup di PC Windows atau laptop.

File yang dihapus tidak selalu hilang secara permanen, akan tetapi tidak juga dapat dipulihkan dengan mudah kecuali Anda memiliki perangkat lunak pemulihan data profesional. Unduh dan gunakan pemulihan data EaseUS untuk memindai hard drive, mencari file yang terhapus, dan memulihkan data yang hilang.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Memulihkan File yang Dihapus

Simak pertanyaan umum berikut ini tentang cara mengambil file yang dihapus di PC atau laptop.

1. Bagaimana cara memulihkan file yang dihapus secara permanen secara gratis?

EaseUS Data Recovery Wizard Free dirancang khusus untuk pelanggan yang kehilangan data dalam jumlah kecil. Anda bisa mencoba versi gratisnya untuk memulihkan dokumen, foto, video, dan semua jenis file atau folder hingga 2GB tanpa harus membayar.

2. Bagaimana cara memulihkan file yang terhapus dari hard drive eksternal?

Selain cara mengembalikan file yang terhapus di PC, Anda mungkin juga ingin tahu bagaimana cara menarik file yang terhapus dari

• Hard drive eksternal

• Flash drive

• Kartu memori, kartu SD

• Perangkat penyimpanan lainnya

Setelah Anda menghapus file dari hard drive eksternal atau flash drive USB atau kartu SD, file yang dihapus tidak akan masuk ke Recycle bin. Anda perlu menghubungkan perangkat penyimpanan eksternal ke komputer Anda dan membuatnya muncul. Lalu, gunakan perangkat lunak pemulihan EaseUS untuk memulihkan file yang terhapus dari hard drive eksternal dengan langkah-langkah sederhana.

EaseUS Data Recovery Wizard memungkinkan Anda untuk mengambil file yang terhapus setelah serangan virus, dari partisi yang terhapus / hilang, partisi raw, OS crash, dan sebagainya.

Langkah 1. Hubungkan perangkat penyimpanan USB eksternal ke PC.

Langkah 2. Pastikan drive USB muncul.

Langkah 3. Buka perangkat lunak pemulihan data EaseUS dan gunakan untuk mengambil file yang dihapus dari disk eksternal.

3. Bagaimana cara memulihkan file yang terhapus secara permanen di Windows 10?

File yang dihapus secara permanen dengan menggunakan tombol shift + delete atau software penghapus file dari pihak ketiga juga dapat dipulihkan oleh EaseUS Data Recovery Wizard dan dipulihkan dari versi sebelumnya, kecuali Recycle Bin. Lihat cara memulihkan file yang dihapus secara permanen di Windows 10.

4. Bagaimana cara memulihkan file yang terhapus di Android?

Pemulihan data Android membutuhkan satu langkah lagi sebelum pemulihan. Anda perlu melakukan root pada perangkat terlebih dahulu, lalu menginstal EaseUS Mobisaver untuk Android di komputer Windows. Perangkat lunak ini mampu memindai semua gambar, kontak, pesan, video yang hilang, dan banyak lagi lainnya, serta menampilkan hasilnya dalam bentuk kategori.

Langkah 1. Hubungkan ponsel Android Anda ke PC atau laptop.

Langkah 2. Jalankan EaseUS MobiSaver untuk Android dan pindai ponsel Android untuk menemukan data yang hilang.

Langkah 3. Pratinjau dan ambil file yang terhapus di ponsel Android.

5. Bagaimana cara memulihkan file Excel yang ditimpa?

Bagaimana jika file Excel ditimpa oleh dokumen baru? Biasanya perangkat lunak pemulihan data generik tidak dapat langsung memulihkan file yang ditimpa dan memastikan keseluruhannya. Anda harus mencoba melihat file sementara dan versi sebelumnya. Baca cara memulihkan dokumen Excel yang ditimpa / diganti.

6. Dapatkah Anda memulihkan file yang terhapus secara permanen di Google Drive?

Untuk memulihkan file yang dihapus secara permanen dari Google Drive, Anda dapat mencarinya melalui [1] cadangan via Backup and Sync, [2] file yang ada secara lokal melalui EaseUS Data Recovery Wizard Gratis, [3] hubungi Administrator & layanan supprt resmi untuk meminta bantuan. Baca cara memulihkan file yang dihapus secara permanen di Google Drive.