Pemulihan JPG: Cara Memulihkan File JPG / JPEG yang Dihapus atau Hilang

File JPG Anda mungkin terhapus, diformat, atau hilang karena berbagai alasan. Untungnya, dengan perangkat lunak pemulihan foto - EaseUS Data Recovery Wizard, Anda tidak hanya dapat memulihkan file JPG / JPEG / PNG yang hilang, tetapi Anda juga dapat mempe

Daftar isi

Updated by Daisy on Jul 23,2021

JPG atau JPEG, yang merupakan kependekan dari Joint Photographic Experts Group, adalah bentuk standar kompresi dari gambar digital. JPG / JPEG sendiri memiliki beberapa keunggulan seperti resolusi tinggi, ukuran file kecil, dan kompresi yang dapat disesuaikan. Ini adalah salah satu format foto digital paling populer yang banyak digunakan pada kamera digital, ponsel, dan internet. Saat Anda mengambil foto menggunakan kamera digital atau perangkat seluler, gambar akan disimpan dengan ekstensi file .jpg atau .jpeg secara default atau Anda dapat mengaturnya untuk menyimpan gambar sebagai file JPG / JPEG. Selain itu, sebagai format foto yang paling umum digunakan, file JPG / JPEG juga kompatibel dengan sebagian besar situs dan layanan.

Gambaran Umum Tentang Pemulihan JPG

Berbicara tentang pemulihan JPG, hal yang paling dikhawatirkan oleh pengguna adalah bagaimana cara memulihkan file JPG / JPEG. Kunci keberhasilan dalam memulihkan file JPG bergantung pada apakah terjadi penimpaan data setelah menghapus foto atau tidak. Jika tidak ada, Anda bisa mendapatkan kembali file yang hilang melalui recycle bin, atau Anda juga bisa memanfaatkan perangkat lunak pemulihan data. Namun, jika terjadi penimpaan data, kemungkinan memulihkan data yang hilang cukup rendah.

Penyebab Hilangnya File JPG / JPEG

Mengingat penerapan JPG / JPEG yang semakin luas, masalah hilangnya file JPG atau JPEG pun hampir tidak bisa dihindari. Entah itu file JPG / JPEG yang Anda disimpan di kamera digital, ponsel, dan perangkat lain, atau di media penyimpanan seperti hard disk komputer, USB flashdisk, dan kartu memori, foto-foto tersebut mungkin hilang karena alasan berikut:

  • Penghapusan yang tidak disengaja
  • Pemformatan perangkat penyimpanan
  • Serangan virus atau infeksi malware
  • Kecelakaan lain seperti listrik mati atau sistem crash

Kabar baiknya adalah Anda dapat melakukan pemulihan JPG / JPEG dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan hard disk - EaseUS Data Recovery Wizard.

Cara Memulihkan File JPG atau JPEG

Baik Anda ingin memulihkan foto dari kamera, hard disk komputer, maupun perangkat penyimpanan eksternal, Anda dapat menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk mengembalikan file JPG / JPEG yang hilang. Selain untuk format JPG / PNG, alat pemulihan EaseUS JPG juga dapat membantu Anda memulihkan foto dalam format lain, seperti PNG, BMP, GIF, MRW, DCR, WMF, RAW, SWF, SVG, DNG, dan lain sebagainya. Perangkat lunak ini juga mendukung pengguna untuk memperbaiki foto yang rusak, dimana file JPG / JPEG yang rusak akan diperbaiki secara otomatis selama proses pemulihan.

EaseUS Data Recovery Wizard adalah alat canggih yang dapat melakukan lebih dari sekadar pemulihan JPG, diantaranya sebagai berikut:

  • Memulihkan hampir semua jenis file yang ada, termasuk foto, video, file audio, dokumen, file Adobe, dan lain-lain.
  • Memulihkan data yang hilang dari hard disk komputer, hard disk eksternal, USB flashdisk, kartu memori, camcorder, kamera digital, pemutar video dan lain sebagainya.
  • Memulihkan file setelah penghapusan, pemformatan, memulihkan file dari Recycle Bin yang dikosongkan, memulihkan file akibat partisi hilang, kerusakan hard disk, dan situasi kehilangan data sulit lainnya

Sekarang, silakan unduh perangkat lunak EaseUS di komputer Anda dan ikuti panduannya secara terperinci seperti di bawah ini:

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3

 

Memulihkan JPG / JPEG dari Recycle Bin

Jika Anda kehilangan file JPG di komputer Anda karena terhapus secara tidak sengaja, dan Anda tidak mengosongkan recycle bin setelah menghapusnya, Anda bisa mendapatkan kembali foto tersebut dari recycle bin. Berikut langkah-langkah detailnya:

Langkah 1. Buka recycle bin di komputer Anda.

Langkah 2. Temukan foto atau gambar yang ingin Anda pulihkan.

Langkah 3. Klik kanan gambar dan pilih "Recover".

Recover Pictures from Recycle Bin

Kesimpulan

Saat terjadi kehilangan foto yang tidak terduga, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah berhenti menggunakan perangkat penyimpanan untuk menghindari penimpaan data dan menerapkan perangkat pemulihan data untuk segera memulihkan JPG / JPEG / PNG, dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Perlu digarisbawahi bahwa EaseUS Data Recovery Wizard juga dapat membantu memulihkan file JPG / JPEG yang rusak selama pemulihan. Perangkat lunak ini memiliki banyak fungsi yang sangat membantu Anda. Dapatkan segera perangkat lunak EaseUS dan kembalikan foto Anda hanya dalam beberapa menit.