Cara Memulihkan Folder Users yang Hilang / Tersembunyi di Drive C

Folder C: /Users hilang di Windows 7/8/10? Pernahkah Anda memindahkan folder Users ke drive lain? Atau apakah Anda tidak sengaja menghapus folder Users? Apakah folder tersebut tersembunyi tanpa Anda sadari? Berikut adalah panduan terperinci tentang cara m

Daftar isi

Updated by Jean on Jul 30,2021

Folder C:/Users Hilang di Windows 7/8/10

Folder C:/Users yang dilekatkan dengan drive C diatur secara default saat menginstal sistem operasi Windows. Folder tersebut berisi beberapa sub-folder yang digunakan untuk menyimpan beberapa data yang sering digunakan, seperti profil pengguna, kontak, favorit, unduhan, musik, dokumen, video, permainan, dan lain sebagainya.

Karena folder users menampung beberapa file berukuran besar seperti yang disebutkan sebelumnya, tentu folder ini membutuhkan cukup banyak memori, sehingga dapat dengan mudah mengakibatkan drive C kehabisan ruang. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang biasa dilakukan oleh pengguna untuk mengatasi masalah folder Users yang mengkonsumsi banyak ruang disk.

  • Memindahkan Folder Users ke drive lain seperti E :, F :, G :.
  • Menyembunyikan Folder Users, meskipun cara ini dinilai tidak masuk akal.
  • Menghapus langsung folder Users bersama dengan semua sub-folder.

Semua tindakan di atas akan menyebabkan folder C: / Users hilang di Windows 10/8/7 PC dan bahkan mengakibatkan kehilangan data. Jika Anda mengalami masalah yang sama, ikuti solusi pemulihan untuk folder Users yang hilang berikut ini sekarang juga.

Memulihkan Folder Users Drive C yang Hilang / Dihapus / Tersembunyi

Karena folder Users di drive C adalah folder sistem, maka untuk menghindari kesalahan sistem yang tidak terduga, sebaiknya jangan memindahkannya. Jika Anda ingin mengosongkan ruang drive C dengan menghapus beberapa file tetapi justru malah menghapus folder Users secara tidak sengaja, Anda dapat mengembalikan folder Users yang hilang dengan perangkat lunak pemulihan hard disk yang andal yang dijelaskan pada solusi 1. Dan jika folder Users hilang hanya karena telah disembunyikan, Anda dapat membuatnya terlihat dengan cara yang dijelaskan pada solusi 2.

Dua Solusi untuk Memulihkan Folder Users yang Hilang / Tersembunyi

Solusi 1. Cara Memulihkan Folder Users yang Dihapus

Setelah Anda menghapus folder Users, segera periksa recycle bin Windows terlebih dahulu. Jika folder tersebut dihapus secara permanen dari recycle bin, gunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk memulihkan folder Users yang hilang sesegera mungkin. Dengan antarmuka berbasis wizard, Anda dapat dengan cepat memulihkan folder Users yang dihapus hanya dengan beberapa klik.

Selain untuk pemulihan file dan folder, alat pemulihan data ini juga mampu memulihkan partisi RAW, pemulihan partisi yang hilang, pemulihan serangan virus, pemulihan data dari recycle bin yang dikosongkan, pemulihan hard disk yang diformat, dan masih banyak lagi. Sekarang, segera unduh dan gunakan alat pemulihan folder EaseUS untuk mendapatkan kembali folder Users yang hilang hanya dalam tiga langkah.

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3

 

Solusi 2. Cara Mengembalikan Folder Users yang Hilang di Windows 10/8/7

Jika Windows menyembunyikan folder C: \ Users \, Anda dapat membuatnya muncul kembali di tempat yang tepat. Folder tersebut masih utuh dan terawat dengan baik tanpa menunjukkan rute. Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan pada pengaturan opsi file.

Semua sistem operasi Windows pada umumnya memiliki cara kerja yang hampir sama. Oleh karena itu, di sini kita ambil Windows 10 sebagai contoh untuk memulihkan folder Users yang tersembunyi.

Langkah 1. Buka control panel dan temukan "File Explorer Options".

Langkah 2. Klik di dalam, di bagian "View", dan temukan "Hidden files and folders".

Langkah 3. Centang pada "Show hidden files, folders, and drives".

Langkah 4. Klik "Apply" untuk menerapkan perubahan dan kembali ke Komputer. Anda akan menemukan folder Users di drive C.

restore hidden user folder