2 Cara untuk Memulihkan File LOST.DIR di Kartu SD Android

Artikel ini berisi jawaban lengkap tentang apa itu LOST.DIR, dapatkah Anda menghapus folder LOST.DIR dan cara memulihkan file lost.dir di kartu SD eksternal Android. Perangkat lunak pemulihan file EaseUS akan memandu Anda melalui proses Pemulihan LOST.DIR pada kartu SD Android dan mengembalikan semua file yang hilang hanya dalam beberapa klik mudah.

Daftar isi

Updated by Brithny on Jul 30,2021

Cara Memulihkan File LOST.DIR (Akses Cepat)

LOST.DIR bukanlah virus. Ini adalah folder yang dibuat oleh sistem Android untuk mengumpulkan file yang hilang saat sistem Android gagal secara tidak sengaja. Dengan cara ini, Anda dapat memulihkan file-file tersebut setelah sistem melakukan booting kembali.

Untuk memulihkan file LOST.DIR dari kartu SD:

Langkah 1. Luncurkan EaseUS Data Recovery Wizard pada PC Anda dan pilih kartu SD Anda.

Langkah 2. Klik "Scan" untuk mulai menemukan data yang hilang pada kartu SD Anda ... Baca Selengkapnya >>

Apa Itu Folder LOST.DIR pada Kartu SD Android?

LOST.DIR adalah folder file yang dihasilkan oleh OS Android, dan berfungsi seperti Recycle Bin pada platform Windows, tempat dimana Anda diizinkan untuk mengambil file Android yang dihapus seperti dokumen dan foto.

recover dir from android

Biasanya, ponsel atau tablet Android membuat direktori LOST.DIR saat perangkat tiba-tiba mati atau mengalami masalah berikut:

  • Flashback tiba-tiba dari aplikasi yang sedang berjalan
  • OS Android mogok atau macet secara tidak terduga
  • Kartu SD Android tiba-tiba lepas 
  • Mencabut kartu SD Android saat proses baca-tulis sedang berlangsung
  • Gangguan tidak disengaja saat mengunduh file atau aplikasi ke perangkat Android

Cara Memulihkan File dari LOST.DIR di Kartu SD atau Android (2 Cara)

Ketika sistem Android tiba-tiba gagal atau mati, semua file yang hilang akan dikumpulkan ke dalam folder ini. Artinya, jika terjadi kecelakaan, sistem Android akan memulihkan file selama boot sistem berikutnya dan menempatkan file-file ini ke dalam direktori Android LOST.DIR. Pada saat yang sama, ekstensi nama file dari file akan diganti dengan nama urutan numerik. Jadi, Anda tidak dapat mengenali file-file ini. Jika Anda menghapus folder LOST.DIR, folder tersebut akan dibuat ulang secara otomatis pada boot berikutnya.

Apa yang terjadi jika Anda menghapus folder LOST.DIR dari kartu SD? Pada dasarnya, tidak akan terjadi apa-apa saat Anda menghapus folder tersebut. Tetapi jika Anda ingin mempelajari cara memulihkan file LOST.DIR, Anda dapat membaca halaman ini hingga akhir untuk mendapatkan metode pemulihan LOST.DIR. Untuk memulihkan file LOST.DIR pada kartu SD Android, ikuti Metode 1 untuk menerapkan perangkat lunak pemulihan kartu SD yang andal untuk mendapatkan bantuan. Untuk mengambil file LOST.DIR dari penyimpanan internal Android, lihat Metode 2 dengan perangkat lunak pemulihan file Android praktis untuk mendapatkan bantuan.

Metode 1. Cara Memulihkan File LOST.DIR di Kartu SD Android

Karena folder LOST.DIR akan dibuat lagi saat perangkat Android melakukan boot ulang. Oleh karena itu, tugas yang lebih mendesak adalah menemukan file yang hilang dari folder LOST.DIR. Pertama, unduh dan instal perangkat lunak pemulihan file yang andal di PC Anda. Di sini, kami ingin merekomendasikan Anda untuk mencoba perangkat lunak pemulihan data EaseUS yang menyederhanakan proses pemulihan dalam 3 langkah.

Selanjutnya, Anda perlu menghubungkan kartu SD ponsel atau tablet Android Anda ke PC, dan ikuti langkah-langkah tutorial di bawah ini untuk mengembalikan semua file yang hilang:

Langkah 1: Hubungkan kartu Anda ke PC

Masukkan kartu ke card reader, dan hubungkan card reader yang berisi kartu tersebut ke komputer yang sehat dan tidak terinfeksi virus.

recover card 1

Langkah 2: Jalankan perangkat lunak pemulihan data EaseUS dan pindai kartunya.

Buka EaseUS Data Recovery Wizard di PC Anda dan pilih kartu Anda di bawah kolom Perangkat Eksternal. Kemudian klik Pindai untuk mulai menemukan data yang hilang pada kartu SD Anda sekarang.

recover card 2

Langkah 3: Periksa dan pulihkan data yang hilang.

Anda dapat memeriksa dan melihat pratinjau file yang ditemukan dengan mengklik dua kali masing-masing file. Kemudian klik Pulihkan untuk menyimpan file ke lokasi yang aman di PC Anda atau di penyimpanan eksternal. 

recover card 3

Metode 2. Mengembalikan File LOST.DIR dari Perangkat Android

Seperti yang Anda ketahui bahwa sebagian besar perangkat Android tidak perlu lagi menambahkan kartu SD eksternal untuk menambah kapasitas penyimpanan perangkat. Sekitar 90% perangkat Android hanya berisi satu penyimpanan internal. Jadi ketika Anda menghapus file di perangkat Android Anda atau membersihkan file folder LOST.DIR, bagaimana cara mengembalikan file yang hilang? Perangkat lunak pemulihan data Android yang andal adalah pilihan terbaik Anda.

EaseUS MobiSaver untuk Android memungkinkan Anda untuk membawa file LOST.DIR dan data penting lainnya yang hilang hanya dalam beberapa klik mudah. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1. Hubungkan ponsel Android Anda ke komputer

Instal dan jalankan EaseUS MobiSaver untuk Android, dan hubungkan ponsel Android Anda ke komputer dengan kabel USB. Kemudian klik tombol "Start" agar perangkat lunak membaca dan menghubungkan perangkat Anda.

Karena perangkat lunak hanya dapat mengakses perangkat Android yang di-rooting, Anda perlu memastikan bahwa ponsel Anda telah di-root sebelum pemulihan

recover data from android - 1

Langkah 2. Pindai ponsel Android untuk menemukan file LOST.DIR

Setelah menghubungkan ponsel Android Anda, perangkat lunak akan dengan cepat memindai perangkat untuk menemukan semua data yang ada dan hilang termasuk pesan dan foto Anda yang hilang. Anda dapat dengan mudah menemukan LOST.DIR yang hilang dengan memilih jenis file yang benar.

recover data from android - 2

Langkah 3. Pratinjau dan pulihkan file LOST.DIR dari ponsel Android

Pratinjau semua file yang dapat dipulihkan satu per satu dan kemudian Anda dapat memilih semuanya sekaligus. Di sini Anda dapat mengaktifkan opsi "Only displayed deleted items" untuk mencantumkan file yang dihapus saja.

Terakhir, Anda dapat mengklik tombol "Recover" untuk mengembalikan file yang dipilih.

Jika Anda tidak ingin menggunakan komputer, Anda dapat menggunakan versi aplikasi EaseUS MobiSaver.

Langkah 1. Luncurkan aplikasi di ponsel Anda dan mulai pindai kartu SD dengan mengetuk tombol "START SCAN".

Langkah 2. File yang dihapus sekarang muncul di layar.

Langkah 3. Ketuk pada pengaturan. Anda dapat mengatur preferensi agar perangkat lunak dapat memindai dan menampilkan beberapa ukuran file, atau format file tertentu, dan preferensi lainnya.

Langkah 4. Setelah scan, pilih file yang ditampilkan dan tekan "Recover". Ketuk ikon mata. Semua file yang dipulihkan disimpan di sana.

recover data from android phone

Tips Tambahan - Cara Menyalin File yang Dipulihkan ke Folder LOST.DIR

Setelah memulihkan file LOST.DIR, Anda dapat menyimpan file yang dipulihkan ke folder LOST.DIR pada kartu SD eksternal Android Anda dan reboot perangkat lagi. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang LOST.DIR atau pemulihan data Android, Anda dapat menggunakan opsi pencarian atau menelusuri untuk menemukan jawaban di halaman Pemulihan Data Android.

Bagi Anda yang ingin membuat existing file bisa dibaca atau dikenali di folder LOST.DIR, Anda bisa mencoba tips di bawah ini:

Langkah 1. Hubungkan kartu Android SD atau perangkat Android ke PC Anda dan salin folder LOST.DIR ke desktop Anda.

Langkah 2. Buka folder LOST.DIR yang telah disalin dan ubah ekstensi file menjadi ekstensi yang dapat dikenali.

Misalnya, ubah file musik menjadi .mp3, file audio menjadi .mp4, gambar menjadi .jpg, dan lain sebagainya. Anda dapat mengulangi langkah-langkah tersebut satu per satu untuk mencoba membuat file yang ada di dalam LOST.DIR dapat dikenali dan dapat diterapkan.

Kesimpulan

Di halaman ini, Anda telah belajar tentang apa itu LOST.DIR dan bagaimana cara memulihkan file dari LOST.DIR. Jika masih ada pertanyaan, Anda dapat menghubungi kami. Selain pemulihan kartu SD, perangkat lunak pemulihan data EaseUS juga dapat membantu Anda memulihkan file hard disk, memulihkan data dari drive yang diformat, dan memperbaiki file MP4 / MOV / JPG / JPEG / GIF dengan mudah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan terkait LOST.DIR di Perangkat Android

Banyak pengguna Android mungkin pernah mengalami situasi yang sama ketika mereka menelusuri atau memeriksa penyimpanan Android, dimana mereka menemukan folder aneh bernama LOST.DIR? Dan beberapa dari Anda mungkin memiliki keraguan yang sama tentang folder ini seperti yang tercantum di sini:

  • Q 1. Apakah LOST.DIR adalah virus?
  • Q 2. Apakah file LOST.DIR dapat dihapus?
  • Q 3. Apakah file yang hilang dapat dipulihkan?
  • Q 4. Bagaimana cara mencegah lost.dir?

Jika Anda mendesak untuk mempelajari segala sesuatu tentang LOST.DIR atau memiliki keraguan yang sama tentang folder ini di kartu SD Android atau penyimpanan internal Anda, santai saja. Lanjutkan membaca dan Anda akan mendapatkan jawaban lengkap untuk semua pertanyaan ini.

1. Apakah LOST.DIR adalah virus?

LOST.DIR bukanlah virus. Ini adalah folder yang dibuat oleh sistem Android, jadi Anda tidak perlu khawatir apakah itu akan merusak ponsel Anda.

2. Apakah file LOST.DIR dapat dihapus?

Ya! Folder LOSt.DIR dibuat saat perangkat Android boot. Setelah perangkat dijalankan, semua cache akan diambil ke perangkat. Akibatnya, folder biasanya kosong dalam banyak skenario.

Oleh karena itu, Anda dapat menghapus folder tersebut. Tetapi lain kali, saat Anda me-reboot perangkat Android Anda, folder tersebut akan muncul lagi.

3. Apakah file yang hilang dapat dipulihkan?

Ya. Tetapi bukanlah pekerjaan mudah untuk memulihkan file yang hilang dari LOST.DIR seperti yang Anda lakukan dari Windows Recycle Bin. Alasannya adalah bahwa semua file di LOST.DIR diberi nama dengan nomor acak, bukan nama asli yang diberikan. Anda bisa langsung mengidentifikasinya satu per satu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda memerlukan bantuan solusi pemulihan data yang mahir - perangkat lunak pemulihan data EaseUS.

Jika data telah ditimpa secara fisik pada hard disk drive, umumnya diasumsikan bahwa data sebelumnya tidak dapat lagi dipulihkan.

4. Bagaimana cara mencegah LOST.DIR di Ponsel Android?

Ada dua cara untuk menghindari LOST.DIR:

  • Flash telepon atau format kartu SD
  • Kelola smartphone dengan benar - sebelum mengeluarkan kartu SD, Anda harus menutup semua program dan mematikan ponsel Anda secara manual untuk mengakhiri proses baca-tulis.