Tidak Sengaja Memformat Hard Disk? Unformat Hard Disk Sekarang Juga!

Memformat hard disk secara tidak sengaja cukup sering terjadi di antara pengguna. Untuk meng-unformat hard disk dan mengembalikan semua file yang hilang, perangkat lunak pemulihan hard disk tingkat lanjut - EaseUS Data Recovery Wizard akan membantu mengatasinya. Dengan EaseUS, Anda dapat memulihkan file dari hard disk yang diformat dalam tiga langkah. Unduh dan terapkan perangkat lunak untuk mengembalikan data Anda sekarang.

Daftar isi

Updated by Tracy King on Jul 30,2021

KONTEN HALAMAN:

Format vs Unformat

Format: adalah proses menyiapkan partisi untuk penyimpanan data dengan menghapus semua data di dalamnya dan menyiapkan sistem file untuk drive. Anda perlu memformat hard disk dalam beberapa situasi tertentu seperti ketika hard disk Anda memiliki sistem file RAW, error Windows "disk tidak diformat", atau hard disk Anda terinfeksi virus. Selain kasus tersebut, Anda mungkin secara tidak sengaja memformat hard disk atau perangkat penyimpanan eksternal, yang sering terjadi di antara pengguna.

Unformat: adalah proses pemulihan data dari perangkat penyimpanan yang diformat, baik itu hard disk, USB flashdisk, atau kartu SD. Unformat hard disk diperlukan ketika pengguna ingin memulihkan data mereka yang hilang karena format. Hal ini hanya dapat dilakukan dengan perangkat lunak pihak ketiga atau layanan pemulihan data manual.

Cara Unformat Hard Disk dengan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Perhatikan:

Untuk menghindari kemungkinan penimpaan data, jangan memasukkan file apapun ke dalam hard disk Anda setelah diformat. Meskipun meletakkan data pada disk tidak serta merta menyebabkan penimpaan data, namun begitu data ditimpa, tidak ada kesempatan untuk mengembalikannya.

Untuk membatalkan format hard disk, dengan kata lain, pengguna perlu memulihkan semua data yang dihapus dari hard disk. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda harus mengambil layanan pemulihan data untuk menjalankan proses pemulihan. Di sini kami merekomendasikan perangkat lunak pemulihan hard disk - EaseUS Data Recovery Wizard. Perangkat lunak ini dapat membantu Anda membatalkan format HDD dan mengembalikan file Anda dengan langkah sederhana.

Selain memulihkan data dari hard disk yang diformat, EaseUS Data Recovery Wizard dapat melakukan lebih banyak hal untuk Anda:

  • Memulihkan Semua Jenis Data yang Hilang. EaseUS juga mendukung untuk memulihkan file yang dihapus dari Recycle Bin yang dikosongkan atau data yang hilang karena kehilangan partisi, kerusakan perangkat lunak, infeksi virus, masalah boot-up, atau alasan lain.
  • Memulihkan Data dari Berbagai Perangkat. EaseUS juga dapat melakukan pemulihan data dari USB flashdisk, kartu memori, kamera digital, dan perangkat penyimpanan konvensional lainnya.
  • Pratinjau Sebelum Pemulihan. Untuk memastikan konten file baik-baik saja,  fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat file yang hilang sebelum pemulihan yang sebenarnya.

Sekarang unduh EaseUS Data Recovery Wizard dan ikuti panduan di bawah ini untuk membatalkan format HDD.

Langkah-langkah untuk Membatalkan Format HDD dengan EaseUS Data Recovery Wizard:

Selama file Anda yang telah diformat tidak ditimpa oleh konten baru, EaseUS Data Recovery Wizard akan membantu mendapatkan kembali semua file Anda yang hilang dari hard disk.

Langkah 1. Gunakan perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS

Jalankan EaseUS Data Recovery Wizard dan pilih drive di hard disk tempat Anda kehilangan atau menghapus file. Klik Pindai untuk mulai memindai semua data dan file yang hilang.

recover lost data 1

Langkah 2. Pindai untuk menemukan semua data hard drive yang hilang

Perangkat lunak pemulihan hard drive EaseUS akan memindai seluruh drive yang dipilih dan menemukan semua file yang hilang, termasuk semua data yang ada dan yang tersembunyi.

recover lost data 2

Langkah 3. Pratinjau dan pulihkan data dan file hard drive yang hilang

Setelah pratinjau, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan klik Pulihkan untuk menyimpannya ke lokasi yang aman di PC Anda atau di perangkat penyimpanan eksternal lainnya. 

recover lost data 3

Apakah Anda Membutuhkan Layanan Pemulihan Data Khusus?

Anda mungkin memerlukan bantuan lebih lanjut untuk situasi kehilangan data yang sulit seperti memformat ulang drive, disk RAW, kehilangan partisi, kegagalan partisi ulang, dan kesalahan boot sistem. Konsultasikan dengan Pakar Pemulihan Data EaseUS untuk layanan pemulihan manual one-on-one yang hemat biaya. EaseUS dapat menawarkan layanan berikut setelah diagnosis GRATIS:

  • 1. Membatalkan format drive
  • 2. Perbaiki RAID, disk RAW, atau sistem operasi
  • 3. Pulihkan partisi yang hilang (yang tidak dapat dipulihkan oleh perangkat lunak)
  • Aktifkan Live Chat
  • Hubungi Kami 1-800-570-4634

Mengapa Kita Bisa Meng-unformat HDD?

Pada bagian ini, kami akan mendemonstrasikan teori untuk meng-unformat hard disk. Jika Anda ingin tahu mengapa hard disk yang telah diformat dapat dipulihkan, teruslah membaca dan periksa detailnya lebih lanjut.

Ada dua jenis pemformatan untuk semua perangkat penyimpanan, yaitu format cepat dan format penuh. Format cepat hanya menulis blok yang berisi struktur sistem file dan menghapus semua file dari perangkat, sedangkan format penuh menulis nol untuk semua sektor data. Setelah format cepat, data masih berada dan tersimpan di hard disk hanya saja Anda tidak memiliki akses. Dengan membangun kembali volume, Anda dapat mengakses dan memulihkan file yang diformat.

Namun, seperti yang disebutkan, data yang ditimpa tidak dapat dipulihkan, yang berarti data yang hilang setelah format penuh tidak dapat dikembalikan. Untungnya, di Windows, format cepat telah diatur sebagai opsi format default. Jadi, jika Anda tidak sengaja memformat hard disk, maka pemformatan tersebut merupakan format cepat dan Anda dapat meng-unformat hard disk Anda menggunakan perangkat lunak pemulihan data.

Kesimpulan

Jika Anda tidak sengaja memformat hard disk, USB flashdisk, kartu memori, atau perangkat penyimpanan lainnya, jangan khawatir. Hentikan penggunaan perangkat Anda dan terapkan perangkat lunak pemulihan data untuk meng-unformat hard disk Anda. Kemudian Anda akan mendapatkan kembali semua file Anda.