Memulihkan File / Folder yang Dihapus atau Hilang

Data Recovery Wizard adalah perangkat lunak pemulihan file dan folder tingkat lanjut untuk memulihkan File yang Dihapus atau File yang Hilang dari folder di Windows 2000 / XP / 2003 / Vista / 2008 / Windows 7, 8 dan 10.

Daftar isi

Updated by Jean on Jul 30,2021

Banyak sekali pengguna komputer yang pernah mengalami kehilangan file penting karena berbagai alasan. Dan untungnya, kebanyakan dari mereka masih bisa menemukan dan mendapatkan kembali file yang hilang tersebut. Di halaman ini Anda akan menemukan cara sederhana untuk memulihkan file yang hilang.

Mengembalikan file yang dihapus dari Recycle Bin

Pertama, ketika Anda menyadari bahwa Anda telah kehilangan file penting, Anda dapat mengklik dua kali pada Recycle Bin di Windows untuk melihat apakah file tersebut ada di sana atau tidak. Jika Anda menemukan file tersebut, segera seret atau drag ke desktop. Atau, klik pada file dan klik "Restore" untuk mengembalikan file ke lokasi aslinya. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard, utilitas pemulihan file online yang andal untuk menemukan dan memulihkan file yang hilang.

Cara memulihkan file yang hilang dengan perangkat lunak pemulihan data EaseUS

Sekarang, Anda dapat mengunduh EaseUS Data Recovery Wizard dan mulai memulihkan file Anda yang hilang dengan langkah-langkah sederhana. Namun, satu hal yang harus diingat adalah Anda harus menginstal perangkat lunak ini di partisi lain, bukan di partisi tempat Anda kehilangan data.

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3

 

Jika hard disk Anda rusak, Anda dapat memulihkan file melalui langkah-langkah seperti di bawah ini:

1. Cobalah utilitas perbaikan disk komersial. Namun, tingkat keberhasilan alat ini cukup terbatas apabila Anda tidak menginstal perangkat lunak ini sebelum mengalami crash.

2. Jika disk tampaknya tidak dapat diperbaiki dan datanya Anda nilai cukup berharga, Anda dapat mengirimkan perangkat disk ke layanan pemulihan drive khusus yang akan membongkar dan mengambil data sebanyak mungkin. Anda mungkin akan membayar setidaknya sekitar beberapa juta rupiah, bahkan Anda mungkin tetap harus membayar meskipun tidak ada pemulihan apa pun yang dilakukan. Apakah mencadangkan data secara rutin dan teratur mulai terdengar seperti ide yang bagus?

Pada akhirnya, semua hard disk akan mengalami kerusakan atau macet. Jika Anda tidak dapat mencadangkan seluruh drive Anda, setidaknya buatlah cadangan data yang menurut Anda penting atau berharga.

Lakukan beberapa tindakan pencegahan. Pertama, Anda harus membuat file disk image, dari hard disk yang rusak ke hard disk yang bagus. Ini adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan status hard disk Anda, sehingga jika Anda sampai gagal memulihkan disk, Anda masih memiliki cadangan. Dengan demikian, Anda masih memiliki kesempatan untuk mencoba memulihkan disk dengan cara lain.