Cara Memulihkan File yang Hilang Saat Proses Pemindahan Data

Di halaman ini, Anda dapat mempelajari cara memulihkan file yang hilang saat proses pemindahan data. Jika ada gangguan yang terjadi saat Anda menggunakan 'copy & paste' atau 'cut & paste' untuk memindahkan dan mentransfer data, cobalah tutorial dalam arti

Daftar isi

Updated by Roxanne on Jul 29,2021

"Hanya sekitar satu jam yang lalu, saya kehilangan beberapa file saat memindahkannya dari kartu SD ke komputer. Saya menggunakan Ctrl X dan Ctrl V. Namun selama proses tersebut, tiba-tiba komputer mati. Setelah mencoba reboot, file-file tersebut tidak muncul di kartu SD, atau pun di PC. Adakah saran untuk memulihkan file yang hilang saat proses transfer data di Windows 10? "

File Hilang Selama Proses Pemindahan Data

Transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain, atau dari satu folder ke folder lain adalah pengoperasian yang umum dilakukan dan terbilang mudah. Cara termudah adalah dengan menggunakan Ctrl + C dan Ctrl + V atau Ctrl + X dan Ctrl + V. Namun, dalam proses operasi yang sebenarnya, kehilangan data dapat terjadi jika terjadi gangguan selama proses pemindahan. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang dapat mengganggu proses transfer dan menyebabkan kehilangan data.

  • Listrik mati mendadak
  • Sistem crash
  • Melepaskan perangkat penyimpanan removable secara tiba-tiba
  • Jendela pop-up muncul dengan pesan kesalahan

Apakah File yang Hilang Saat Proses Pemindahan Dapat Dipulihkan?

Setiap kali Anda kehilangan file saat mentransfer file dengan menggunakan "copy", "cut", dan "paste", Anda dapat dengan mudah memulihkan file yang dipindahkan dengan metode yang dijelaskan di bawah ini.

Metode 1. Batalkan Transfer File dengan Ctrl + Z

Metode ini hanya berfungsi apabila terjadi gangguan yang menyebabkan proses transfer data Anda terhenti, dan kondisi komputer tidak mati.

  • Selesaikan gangguan yang muncul dan batalkan pemindahan file dengan menekan tombol Ctrl + Z untuk membatalkan "copy & paste" atau "cut & paste".
  • Lalu periksa apakah file Anda kembali ke lokasi asalnya atau tidak.

Jika metode ini tidak berhasil, jangan khawatir. Perangkat lunak pemulihan data profesional yang disediakan di bawah ini dapat dengan mudah membantu Anda.

Metode 2. Pulihkan File yang Dipindahkan dengan Perangkat Lunak Pemulihan File EaseUS

Jika Anda ingin tahu cara memulihkan file yang di-cut, atau cara memulihkan file yang hilang karena penghapusan yang sembarangan, pemformatan hard disk, serangan virus, atau partisi / RAW yang hilang, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan hard disk EaseUS untuk membantu. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah memulihkan lebih dari 200 tipe data, termasuk foto, audio, video, dokumen, email, serta file lainnya.

Sekarang, unduh perangkat lunak pemulihan file ini dan ikuti panduan langkah demi langkah berikut ini untuk memulihkan file yang dipindahkan dalam tiga langkah.

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3

 

Kesimpulan

Untuk menghindari kehilangan data yang tidak disengaja, ingatlah tips berikut ini.

  • Biasakan untuk selalu mencadangkan file / folder ke hard disk eksternal.
  • Lebih baik gunakan "Copy" dan "Paste" daripada "Cut" dan "Paste" jika Anda ingin memindahkan data ke perangkat baru atau lokasi baru.
  • Jangan lakukan apa pun pada perangkat setelah Anda kehilangan data guna menghindari penimpaan data. Lalu, terapkan perangkat lunak pemulihan file EaseUS untuk menyelamatkan data dengan sesegera mungkin.