Cara Memulihkan File yang Terhapus atau Hilang Setelah Restart Komputer

File menghilang tiba-tiba setelah komputer direstart? Di sini, kami menawarkan dua solusi perbaikan untuk membantu Anda memulihkan file yang terhapus atau hilang setelah me-restart atau me-reboot komputer.

Daftar isi

Updated by Roxanne on Jul 29,2021

File Hilang Setelah Restart Komputer

"Baru-baru ini, laptop saya berjalan lebih lambat dan semakin lambat; kemudian saya merestart untuk memperbaikinya. Yang mengejutkan adalah ketika semua file, dokumen, foto, dan data lainnya hilang setelah restart. Adakah cara untuk memulihkan file yang hilang ? "

File yang hilang setelah merestart komputer memang telah membuat frustrasi banyak pengguna yang menjalankan sistem Windows, seperti Windows 10, 8.1, 8, 7, dan lain sebagainya. File yang terhapus setelah merestart PC atau laptop disebabkan oleh bermacam-macam alasan, seperti human error, serangan virus, masalah perangkat lunak, kegagalan daya, dan masih banyak lagi. Ketika terjebak dalam masalah seperti itu, Anda mungkin ingin tahu bagaimana cara memulihkan file yang hilang setelah restart. Di sini, kami akan menunjukkan dua solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan pemulihan sistem (System Restore) atau dengan perangkat lunak pemulihan data profesional.

1. Lakukan Pemulihan Sistem untuk Memulihkan File yang Hilang Setelah Reboot

Anda dapat membatalkan perubahan sistem dengan mengembalikan komputer Anda ke titik pemulihan sebelumnya. Dan cara ini juga berfungsi untuk memulihkan file yang hilang setelah restart.

1. Di kotak Pencarian Windows 10, cari "System Restore".

2. Dalam kotak dialog System Properties, klik tab "System Protection" dan kemudian klik "System Restore…".

3. Ikuti petunjuk di layar dan pilih "Restore Point" yang diinginkan saat diminta. Lalu klik "Next" untuk menjalankan operasi.

HATI HATI:

  • Metode ini hanya bisa dilakukan jika Anda telah mengaktifkan "System Restore" sebelumnya.
  • Metode ini juga akan menghapus data Anda, yang ditulis setelah "Restore Point" dibuat. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin melanjutkan pemulihan dengan metode ini, Anda dapat membatalkan System Restore tanpa kehilangan data apapun.

recover files missing after restart

2. Gunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data untuk Mengembalikan File yang Hilang Setelah Restart

Mengingat masih banyak kekurangan dari metode pemulihan sistem atau "system restore", di sini kami menyarankan Anda untuk mengunduh dan mencoba perangkat lunak pemulihan hard disk EaseUS untuk mengembalikan file yang hilang setelah restart. Program pemulihan file yang kompeten ini memungkinkan Anda memulihkan data yang hilang dalam berbagai situasi. Sebagai contoh, ikon dan file desktop menghilang di Windows 10, dokumen / file yang hilang setelah pembaruan Windows 10, file yang terinfeksi virus pintasan, dan masih banyak lagi.

Sekarang, Anda dapat mengunduh alat pemulihan data EaseUS di PC Anda dan memulihkan file desktop yang terhapus setelah restart.

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3

 

Kesimpulan

Ketika Anda menghadapi masalah file yang hilang setelah restart komputer atau laptop, Anda dapat menggunakan System Restore atau EaseUS Data Recovery Wizard untuk mendapatkan kembali data yang hilang. Semakin cepat ditangani tentunya hasilnya akan lebih baik. Selain itu, sebaiknya cadangkan data komputer Anda ke hard disk eksternal secara teratur dengan menggunakan perangkat lunak penjadwalan backup untuk Windows atau dengan "Windows built-in Backup and Restore" (Windows 7).