Cara Memulihkan File yang Hilang Akibat Operasi "Cut dan Paste" di Windows dan Mac

EaseUS Data Recovery Wizard Professional adalah salah satu perangkat lunak terbaik untuk mendapatkan kembali file Anda. Untuk memulihkan file yang hilang karena cut dan paste tidak akan menjadi persoalan dengan bantuan perangkat lunak yang andal dan kuat ini.

Daftar isi

Updated by Gemma on Jul 30,2021

Perangkat lunak pemulihan data EaseUS adalah perangkat lunak pemulihan data yang paling efektif bagi Anda untuk memulihkan data yang hilang karena pengoperasian "cut dan paste". Jika Anda kehilangan file penting karena kesalahan penggunaan "cut dan paste" di Windows dan Mac, santai saja. Cukup unduh perangkat lunak pemulihan file ini untuk memulihkan file yang terpotong hanya dengan beberapa klik mudah.

按钮标记1

Gambaran Umum Seputar Pengoperasian Copy, Cut, Delete dan Paste

Anda tentu sering menggunakan tindakan Copy, Cut, Delete dan Paste saat bekerja dengan file harian Anda. Penting untuk memahami perbedaan di antara keduanya dan cara kerjanya.

  • Copy (Ctrl + C): Membuat duplikat file asli, yang dapat dipindahkan atau diedit tanpa mengubah file aslinya.
  • Cut (Ctrl + X): Jika item ada di dalam file, Cut akan menghapus konten dari layar, tetapi menyimpannya di memori.
  • Delete (Ctrl + D): Jika item ada di dalam file, operasi ini menghapusnya dari layar tanpa menyimpannya di memori. Jika item adalah file atau folder itu sendiri, operasi ini akan akan menghapusnya dari layar dan memindahkannya ke Recycle Bin.
  • Paste (Ctrl + V): Paste digunakan untuk membuat item yang dipotong atau disalin muncul lagi di lokasi tertentu.

Cut VS Delete

Perbedaan antara "Cut dan Delete" adalah "Cut" menghapus teks atau konten lainnya dari dokumen dan menyimpannya ke clipboard. Sedangkan "Delete" menghapus teks atau konten lainnya sepenuhnya dari dokumen.

Catatan: semua file akan dihapus dari clipboard saat Anda mematikan komputer.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anda Kehilangan File Akibat Kesalahan Operasi "Cut dan Paste"

Kehilangan data adalah situasi umum yang dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Anda dapat mengalami kasus kehilangan file karena beberapa alasan berikut:

  • Pengoperasian cut-paste yang belum selesai. Anda mungkin kehilangan file karena operasi cut-paste yang belum selesai, seperti misalnya, Anda memotong file (cut), tetapi Anda lupa untuk menempelkannya (paste).
  • Penghapusan atau pemformatan. Misalnya, Anda menempelkan file ke drive atau perangkat lain, tetapi Anda justru menghapus file dari drive atau perangkat tersebut, atau Anda memformat drive atau perangkat tanpa memiliki cadangan.
  • Perangkat Anda hilang. Anda mungkin meng-cut atau memotong file dari komputer dan menempelkannya ke perangkat penyimpanan Anda seperti drive USB, tetapi kemudian perangkat penyimpanan Anda hilang.

Memang tidak mudah bagi pengguna pada umumnya untuk memulihkan file yang hilang akibat kesalahan "cut dan paste". Ketika Anda dihadapkan pada masalah seperti itu, bagaimana cara mengatasinya? Pertama, Anda tidak boleh menyimpan atau memasukkan data yang baru agar tidak terjadi penimpaan data, atau data Anda bisa hilang selamanya. Kedua, untuk memulihkan data Anda, Anda memerlukan perangkat lunak profesional seperti EaseUS Data Recovery Wizard Professional. Anda dapat memulihkan file Anda yang hilang akibat "cut dan paste" dengan menggunakan perangkat lunak ini. Ketiga, jangan matikan PC Anda, karena semuanya akan hilang selamanya setelah Anda mematikan komputer Anda.

Bagian 1. Cara Memulihkan File yang Hilang Setelah Meng-Cut File di Windows 10/8/7

Perangkat lunak pemulihan data terbaik EaseUS Data Recovery Wizard Professional, dapat diterapkan untuk semua situasi kehilangan data seperti membatalkan penghapusan file excel, membatalkan penghapusan dokumen Word, memulihkan file yang diformat dan masih banyak lagi. Alat pemulihan ini sangat berguna untuk mendapatkan kembali data Anda, dan Anda tidak akan pernah direpotkan lagi oleh masalah kehilangan data. Jika Anda ingin mempelajari cara memulihkan file yang hilang akibat kesalahan operasi "cut dan paste" di Mac, simak dan ikuti metode di Bagian 2.

按钮标记1

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3

 

Bagian 2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Menggunakan Mac

Jika Anda kehilangan file akibat kesalahan "cut dan paste" di perangkat Mac, maka jangan pernah menulis data baru ke drive tempat Anda kehilangan file sebelum Anda berhasil mendapatkan kembali file Anda yang hilang. Jika Anda memiliki cadangan atau backup data, Anda bisa memulihkan file dari cadangan Time Machine dengan mudah. Namun jika Anda tidak memiliki cadangan apa pun, segera beralih ke EaseUS Data Recovery Wizard untuk Mac. Anda dapat dengan mudah memulihkan file yang terhapus atau hilang di MacBook, iMac, hard disk, USB flashdisk, kamera, kartu memori, kartu SD, dan perangkat penyimpanan lainnya. Lanjutkan membaca untuk mengetahui detail selengkapnya:

Jika Anda lebih suka panduan langkah demi langkah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

按钮标记1

Langkah 1. Pilih lokasi disk (bisa berupa HDD / SSD internal atau perangkat penyimpanan removable lainnya) tempat Anda kehilangan data dan file. Klik tombol "Pindai".

select a location and click scan

Langkah 2. EaseUS Data Recovery Wizard untuk Mac akan segera memindai volume disk yang Anda pilih dan menampilkan hasil pemindaian di panel kiri.

start scan on the Mac

Langkah 3. Pada hasil pemindaian, pilih file dan klik tombol "Pulihkan Sekarang" untuk mengembalikan data.

click recover now button to recover lost data on your Mac

Tips Tambahan: Solusi Perlindungan Data

Mencegah terjadinya sebuah masalah adalah sebuah pilihan yang bijak. Berikut ini adalah tiga tips berguna untuk melindungi data Anda:

1. Cadangkan file secara teratur. Solusi ideal yang direkomendasikan untuk perlindungan dan keamanan data adalah dengan mencadangkan data Anda secara teratur. Jika Anda kehilangan file, setidaknya cadangan data akan membuat Anda berada dalam situasi yang lebih baik. Anda harus mencadangkan data Anda di beberapa perangkat penyimpanan seperti hard disk eksternal, perangkat penyimpanan portabel, atau cloud.

2. Gunakan perangkat lunak pemulihan data yang andal. Dalam kasus situasi kehilangan data yang cukup besar, perangkat lunak pemulihan data akan sangat bermanfaat. Anda dapat memulihkan data apa pun dari situasi apa pun dengan bantuan perangkat lunak pemulihan data profesional.

3. Gunakan metode "Copy dan Paste" daripada metode "Cut dan Paste".

Kesimpulan

Memulihkan data yang hilang atau terhapus akibat tindakan cut dan paste memang cukup sulit, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Dengan bantuan perangkat lunak pemulihan data EaseUS, Anda dapat dengan cepat dan efektif memulihkan data yang hilang akibat kegagalan "cut dan paste" di Windows dan Mac. Selain itu, di dunia digital saat ini, perlindungan data penting adalah kebutuhan utama yang harus Anda prioritaskan. Menyimpan cadangan secara teratur selalu dapat membantu Anda.