Cara Mengonversi File Pintasan menjadi File Asli

Jika file yang Anda simpan berubah menjadi format pintasan pada USB flash disk / kartu SD atau perangkat penyimpanan lain karena serangan virus atau malware, jangan khawatir dan gunakan metode yang diberikan dalam artikel ini untuk membantu Anda membuka file pintasan dan mengonversi file pintasan menjadi file asli di Windows 10/8/7 PC dengan menggunakan CMD, mengubah pengaturan tampilan file, atau menggunakan perangkat lunak pemulihan data profesional.

Daftar isi

Updated by Imma on May 19,2021

Permasalahan: File di USB flash disk berubah menjadi pintasan, bagaimana cara mengatasinya?

Solusi yang Bisa Dilakukan Penyelesaian Masalah Langkah demi Langkah
Perbaikan 1. Konversi file dengan CMD Tekan Windows + R dan ketik cmd. Klik kanan Command Prompt dan pilih "Run as administrator"... Langkah selengkapnya
Perbaikan 2. Tampilkan file tersembunyi Anda dapat memulihkan dan membuka file pintasan dengan menampilkan file yang tersembunyi. Buka Drive USB Anda. Buka Folder... Langkah selengkapnya
Perbaikan 3. Pulihkan file tersembunyi  Gunakan perangkat lunak pemulihan hard disk EaseUS untuk membantu Anda memulihkan file pintasan. Perangkat ini dapat memulihkan file... Langkah selengkapnya

"Saya menggunakan USB flash disk sebagai perangkat cadangan untuk menyimpan file dan dokumen penting. Pagi ini ketika saya memasukkan flash disk ke laptop dan mencoba membuka file, saya sangat terkejut, karena semua file di dalamnya berubah menjadi pintasan dengan nama yang sama seperti yang saya simpan sebelumnya. Saya tidak dapat membuka file pintasan apa pun. Adakah yang tahu cara mengonversi file pintasan menjadi file asli? Saya perlu memulihkan file pintasan tersebut. "

File yang berubah menjadi pintasan adalah masalah umum yang terjadi hampir pada sebagian besar dari kita. Masalah ini biasanya diakibatkan oleh virus, trojan, atau worm yang dapat menginfeksi USB flash disk, kartu micro SD, hard disk eksternal, dan masih banyak lagi. Yang sering dilakukan virus adalah menyembunyikan file dan folder Anda dan mengubahnya menjadi pintasan dalam ukuran kecil. Bahkan ada juga virus yang sering menghapus data.

Jika Anda mengalami masalah yang sama dan ingin membuka serta memulihkan file pintasan, gunakan tiga metode di bawah ini untuk mengatasi masalah file shortcut dengan mudah.

Cara Membuka dan Mengonversi File Pintasan menjadi Asli

Berikut adalah tiga metode efektif yang dapat Anda terapkan untuk menyelesaikan masalah dan memulihkan file pintasan. Coba kesemua metode sampai Anda dapat membuka file pintasan.

Metode 1. Ubah File Pintasan menjadi File Asli dengan CMD

1. Tekan Windows + R dan ketik: cmd. Klik kanan Command Prompt dan pilih "Run as administrator".

2. Ketik: attrib -h -r -s / s / d e: *. * Dan tekan Enter. (Ganti e: dengan huruf drive perangkat di mana Anda ingin memulihkan file pintasan)

attrib cmd

Anda juga dapat menggunakan baris perintah attrib ini untuk membuka file pintasan pada flash disk dengan langkah yang sama. Jika Anda membutuhkan tutorial visual, tonton video tutorial YouTube di bawah ini.

Video ini menunjukkan cara memulihkan atau mendapatkan kembali file Anda yang telah terinfeksi oleh file pintasan dari hard disk, USB Flash Disk, kartu memori dan pen drive Anda. Setelah Anda menyelesaikan semua langkah ini, refresh flash disk Anda dan Anda dapat memeriksa file Anda di flash disk. Sekarang Anda dapat dengan mudah menemukan semua file Anda.

Metode 2. Tampilkan File Tersembunyi untuk Membuka File Pintasan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, virus shortcut biasanya menyembunyikan file Anda kemudian mengubahnya menjadi ikon shortcut. Jadi, Anda dapat memulihkan dan membuka file pintasan dengan menampilkan file yang tersembunyi dengan cara berikut.

1. Buka USB Drive Anda.

2. Buka Folder Options.

3. Dalam "Hidden files and folders", klik "Show hidden files and folders".

4. Hilangkan centang pada bagian "Hide protected operating system files".

Memasukkan baris perintah secara manual cocok untuk para profesional komputer karena perintah yang salah dapat menyebabkan masalah yang lebih parah. Oleh karena itu, untuk keamanan dan kegunaan, kami sangat menyarankan Anda mencoba alternatif baris perintah otomatis. EaseUS CleanGenius adalah alat praktis yang memungkinkan Anda untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan sistem file, mengaktifkan / menonaktifkan perlindungan tulis, dan pembaruan sistem dengan hanya satu klik saja daripada Anda harus mengetik baris perintah yang rumit.

Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini untuk menampilkan file tersembunyi dengan perangkat lunak yang praktis ini.

Langkah 1. Unduh EaseUS CleanGenius Gratis.

Langkah 2. Jalankan EaseUS CleanGenius, pilih "File Showing" di panel kiri. Selanjutnya, pilih drive target untuk dipindai.

file fixing 1

Langkah 3. Setelah proses selesai, klik tombol View untuk memeriksa file yang tersembunyi.

file fixing 3

Jika kedua solusi ini tidak berhasil, kemungkinan virus / malware telah menghapus file Anda. Dengan cara ini, Anda perlu menggunakan alat pemulihan data yang andal untuk membantu Anda memulihkan file yang terhapus.

Metode 3. Cara Memulihkan File Tersembunyi / Dihapus oleh Virus Pintasan

Jika kedua cara di atas tidak dapat menampilkan file tersembunyi, atau file yang asli telah dihapus, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan hard disk EaseUS untuk memulihkan file pintasan dengan sukses. Perangkat lunak pemulihan file yang komprehensif ini dapat memulihkan data yang disembunyikan, dihapus, diformat, dan diserang virus hanya dalam tiga langkah. File yang didukung adalah grafik, video, audio, dokumen, email, ZIP, RAR, serta 200+ tipe data lainnya.

Sekarang, unduh program pemulihan data ini secara gratis. Kemudian, ikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini untuk membuka file pintasan secara efektif.

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3