Folder Menunjukkan Kosong Meskipun Terdapat File di Windows 10/8/7

Jika Anda menemukan folder yang menunjukkan kosong di Windows 10/8/7 tetapi nyatanya terdapat file yang disebabkan karena infeksi virus, kerusakan hard disk, atau alasan lain, Anda dapat memperbaiki masalah dan memulihkan file yang hilang dengan mengubah pengaturan tampilan di File Explorer, command prompt, atau menggunakan perangkat lunak pemulihan file EaseUS untuk mendapatkan bantuan.

Daftar isi

Updated by Imma on May 19,2021

Ada tiga cara untuk memperbaiki masalah tentang folder yang kosong namun terdapat file didalamnya pada Windows 10/8/7. Tabel di bawah ini menunjukkan gambaran solusi secara garis besar. Simak dan pelajari langkah selengkapnya untuk penjelasan menyeluruh.

Solusi yang Bisa Dilakukan Pemecahan Masalah Langkah demi Langkah
Perbaikan 1. Tampilkan file di File Explorer Di kotak pencarian, ketik folder option, klik "View". Pilih "Show hidden files, folders, and drives"...Langkah selengkapnya
Perbaikan 2. Tampilkan file menggunakan CMD Tekan tombol Windows + R bersamaan dan ketik cmd di kotak pencarian. Buka command prompt...Langkah selengkapnya
Perbaikan 3. Pulihkan file dengan perangkat lunak Cara paling efektif untuk menampilkan dan memulihkan file yang hilang adalah menggunakan alat pemulihan data...Langkah selengkapnya

Folder Kosong tetapi Memiliki Ukuran

"Aneh sekali! Folder itu menunjukkan kosong tetapi ada file di sana. Saya mentransfer semua gambar saya beberapa hari yang lalu dari kamera Canon ke PC dan menyimpannya di folder di drive D. Hari ini saya mengklik folder tersebut, tetapi tidak ada apa pun di sana. ! Saya yakin bahwa semua file telah berhasil ditransfer, dan kini saya kehilangan semua data karena alasan yang tidak diketahui. Yang lebih buruk adalah saya tidak menyimpan salinannya di penyimpanan kamera. Jadi, bagaimana cara memulihkan file saat folder menunjukkan bahwa folder kosong?

" Apakah Anda melihat folder kosong yang seharusnya berisi file di dalamnya?" Folder menunjukkan kosong seperti gambar berikut.

folder shows empty but not

Namun nyatanya, folder tersebut memiliki ukuran.

folder shows empty but not 2

Bayangkan Anda telah membuat folder untuk menyimpan beberapa file, seperti unduhan aplikasi, foto, dokumen, atau file video. Namun suatu hari ketika Anda mencoba membuka folder untuk melihat konten di dalamnya, ternyata tidak ada apa-apa di sana, dan Anda pun tidak merasa memindahkannya ke lokasi penyimpanan lain. Apa penyebab masalah ini? Apa yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah "Folder ini kosong"? Lanjutkan membaca dan temukan solusinya.

Mengapa Folder Menunjukkan Kosong Padahal Ada File di Dalamnya

Sebagian besar kasus file / folder tidak muncul meskipun masih ada file menunjukkan adanya atribut tersembunyi, yang berarti bahwa Anda telah menyembunyikan file dan tidak dapat melihatnya di folder. Akibatnya, folder tersebut kosong namun memiliki ukuran.

Kemungkinan penyebab folder yang menunjukkan kosong padahal masih ada file di dalamnya adalah infeksi virus atau malware. Virus menyembunyikan file dan membuat folder terlihat kosong namun sebenarnya memiliki ukuran. Kemungkinan alasan lainnya adalah pelepasan hard disk eksternal / USB flash disk / kartu memori yang tidak tepat, pembaruan sistem, atau kerusakan hard disk yang membuat file tidak bisa ditampilkan dengan benar. Jika perangkat penyimpanan Anda rusak, perbaiki hard disk eksternal / USB flash disk/ kartu SD yang rusak terlebih dahulu, lalu ikuti tiga solusi di bawah ini untuk mengembalikan data secepat mungkin.

Solusi untuk Mengatasi Masalah Folder Kosong dan Memulihkan File yang Hilang

Anda memiliki tiga opsi untuk menyelesaikan masalah folder yang menunjukkan kosong padahal ada file di dalamnya pada Windows 10, 8 dan 7. Metode yang digunakan adalah dengan menampilkan file tersembunyi dari Windows Explorer, menggunakan baris perintah dan menggunakan perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga.

1. Tampilkan File Tersembunyi / Hilang dalam Folder Kosong di File Explorer

Microsoft memberikan panduan terperinci untuk membantu Anda tentang cara menampilkan file tersembunyi di semua versi Windows 10 / 8.1 / 8/7. Meskipun ada perbedaan kecil dalam tutorial ini untuk setiap versi, namun operasi dasarnya tetap sama, yaitu menemukan opsi unhiding di dalam File Explorer. Di Windows 10, Anda dapat menampilkan semua file tersembunyi melalui dua langkah berikut.

Langkah 1. Pada kotak pencarian di taskbar, ketik folder option, lalu klik "View".

Langkah 2. Pilih "Show hidden files, folders and drives" di bawah "Hidden files and folders". Kemudian pilih "OK".

show hidden files

2. Tampilkan File yang Hilang dalam Folder Kosong Dengan Command Prompt

Solusi tingkat tinggi untuk melihat file tersembunyi adalah dengan menggunakan baris perintah. Simak langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1. Tekan tombol Windows + R bersamaan dan ketik cmd di kotak pencarian. Buka command prompt sebagai administrator.

Langkah 2. Pastikan di drive mana folder yang kosong, misalnya drive G, lalu ketik perintah attrib -h -r -s / s / d g: \ *. * Dan tekan Enter. Refresh folder dan periksa apakah file sudah muncul sekarang.

files folders changed to shortcut virus

Memasukan baris perintah secara manual lebih cocok untuk para profesional komputer dimana jika perintah yang dimasukkan salah maka dapat menyebabkan masalah yang lebih parah. Oleh karena itu, demi keamanan dan keberhasilan pemulihan data, kami sangat menyarankan Anda untuk mencoba alternatif baris perintah otomatis. EaseUS CleanGenius adalah alat praktis yang memungkinkan Anda untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan sistem file, mengaktifkan / menonaktifkan perlindungan tulis, dan pembaruan sistem dengan satu klik mudah daripada harus mengetik baris perintah yang rumit.

Langkah 1. Unduh EaseUS CleanGenius Gratis.

Langkah 2. Jalankan EaseUS CleanGenius, pilih "File Showing" di panel kiri. Selanjutnya, pilih drive target untuk dipindai.

file fixing 1

Langkah 3. Setelah proses selesai, klik tombol View untuk memeriksa file yang tersembunyi.

file fixing 3

Ikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk menampilkan file tersembunyi dengan menggunakan perangkat lunak yang praktis ini.

3. Pulihkan File Tersembunyi dalam Folder Kosong Dengan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Cara terakhir dan paling efektif untuk menampilkan dan memulihkan file yang hilang adalah dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga. Di sini, kami sangat menyarankan Anda untuk mencoba perangkat lunak pemulihan file EaseUS untuk mengembalikan semua jenis file yang terhapus, tersembunyi, atau hilang tanpa alasan. Anda tidak perlu memiliki skill komputer yang tinggi, karena prosedur pemulihannya sangat mudah. Ikuti tiga langkah sederhana di bawah ini dan temukan file Anda yang hilang.

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

recover lost data 1

2. Gunakan alat pemulihan data untuk menemukan dan memulihkan data Anda yang hilang.

Pilih lokasi penyimpanan atau folder tertentu tempat dimana data Anda hilang, lalu klik tombol Pindai.

recover lost data 2

3. Setelah pemindaian selesai, temukan file atau folder yang dapat dipulihkan dalam daftar hasil pemindaian.

Pilih file lalu klik tombol Pulihkan. Saat memilih lokasi untuk menyimpan data yang sudah dipulihkan, Anda tidak boleh menggunakan drive tempat asal file tersebut.

recover lost data 3

 

Kesimpulannya, jangan mudah menyerah saat folder yang seharusnya berisi file ternyata kosong. Dengan menerapkan metode cepat di atas, Anda pasti bisa mendapatkan kembali semua konten folder yang hilang.